WordPress atau Blogspot? Blogger Pemula Dilarang Baca!


hqdefault

Ceritanya nih, si Fulan mau bikin blog. Katanya sih mau dibikin blog pribadi special buat menampung keresahan dan kegalauan yang dia rasain akhir-akhir ini. Tapi, katanya bingung. Nah loh, jaman udah serba mudah gini masih bingung aja. Bingungnya sih karena ada banyak penyedia blog gratisan. Enaknya pake yang mana ya untuk private blog?

Kamu pemula dan masih pingin baca? Ya sudah lanjutkan saja. Saya ijinkan kok. Santai saja! Sengaja memang saya cantumkan larangan di atas. Karena makin dilarang, orang malah makin semangat melakukan hal yang dilarang itu. Hehehehe..terus apa sih sebenarnya fokus dari artikel pertama saya di sini? Yuk, gak usah nunggu lama-lama. Let’s check out the next paragraph.

Kalian mustinya udah gak asing lagi dong dengan kegiatan blogging. Sebenernya cukup banyak penyedia blog gratis yang bisa dimanfaatkan. Blogger, WordPress, BlogDetik, LiveJournal, Tumblr, Wix dan seterusnya. Dan, setiap penyedia jasa blog gratisan itu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ya itu mah udah biasa.

Bukan rahasia lagi kalau pencinta blogging di Indonesia prefer pake Blogger (Blogspot) dan WordPress. Karena memang menurut saya kedua platform tersebut udah bisa dikatakan menjawab semua kebutuhan blogging. So, untuk si Fulan gak usah bingung lagi. Pake aja Blogger atau WordPress. Gak ada yang terbaik atau terburuk ya genks, karena tiap platform memiliki fokus masing-masing sesuaikan dengan tujuan awalnya bikin blog.

Contoh kasus si Fulan di atas. Fokusnya kan cuma mau manfaatin blog untuk diari pribadinya. So, saran saya pake pakailah WordPress. Karena platform yang satu ni bisa dikatakan ramah untuk menulis. Apakah Blogger tidak bisa digunakan untuk fokus menulis? Jawaban saya, Blogger lebih cocok digunakan untuk mereka yang mau utak-atik blog.

Selanjutnya untuk tampilan. Untuk WordPress, mereka pake istilah theme. Kalau Blogger, mereka pake istilah template. Nah, kalau saya pake istilah tampilan…hehehe. Untuk tampilan blog kita, baik itu Blogger atau WordPress sama-sama tersedia banyak pilihan yang mudah untuk diaplikasikan.

Intinya nih, kalau mau bikin blog dan bingung mau pake penyedia blog yang mana, inget aja tujuan awal kamu create blog. Dan, gak usah takut kalau mau lebih profesional. Seperti si Fulan di atas nih contohnya. Kalau dia udah merasa nyaman dengan wordpress.com dan ternyata dia pingin merambah ke dunia perdagangan. Dia bisa tuh beli nama domain dan menyewa hosting. Karena untuk toko online kan harus profesional ya. Ya, tentu saja ada biayanya sendiri genks. Siap praktek sekarang!

Advertisements