Memahami On Page SEO


Sekarang kamu ada di special page yang akan membahas aktivitas optimasi yang dilakukan dari dalam blogmu sendiri. Ingat ya, tujuan dari optimasi ini adalah untuk membuat blogmu

  1. Berbobot. Yang berarti perbaikan terus menerus. Standar dari setiap pembaca blog kita itu selalu berubah-ubah genks. Jadi, kamu harus selalu melakukan koreksi untuk penyempurnaan. Ya gak harus sempurna banget sih. Tapi seenggaknya nyaman buat berlama-lama..hehehe.
  2. Relevan. Yang artinya adalah kecocokan. Semisal saya ngetik ‘drama Korea terbaru’ di mesin pencari Google. Eh, ternyata ada salah satu laman yang menyajikan ‘drama India’. Nah. loh ini namanya gak cocok. Ya udah pasti kalau blog kaya gini gak lulus ujian dari Google. Alias gak bakal masuk ke hasil pencariannya.

Sketsa On Page SEO

Optimasi SEO dari dalam blog kita sendiri bertujuan untuk membuat pengunjung betah berlama-lama dan puas dengan apa yang kita sajikan di blog kita. Nah, kalau udah betah pastinya yang untung kita sendiri dong. Karena mesin pencari tahu blog mana yang bisa memuaskan pengunjung.

Berikut adalah aspek-aspek yang mempengaruhi kepuasan pengunjung

  1. Konten
  2. Kata Kunci
  3. Judul Konten
  4. Alamat URL

Spesial untuk pembaca setia saya, di bawah akan saya bahas satu per satu biar kamu lebih ngeh..hehehehe.

  1. Konten Kamu Harus Berbobot

Konten adalah hal utama yang dinilai oleh mesin pencari. Ini terkait dengan visi salah satu mesin pencari paling ngehits abad ini yaitu, Google. Memuaskan pelanggan dengan konten berkualitas dan relevan! So, kira-kira hal apa sajakah yang harus kita perhatikan terkait Konten yang bernilai?

Yang pertama adalah pembaca bisa mengambli manfaat yang maksimal. Baru buka page, eh si Fulan malah frustasi. Langsung ditutup tuh si page.. ‘jueeder’. Nah loh..gak pingin kan pengunjung kamu kecewa karena gak nemu apa yang dicari. Intinya, manfaat konten yang maksimal bikin orang betah untuk lanjut utak -atik blogmu.

Manfaat yang kita bagi selain maksimal, juga harus mencolok. Eh, bukan nyolok mata loh ya. Istilahnya gak pasaran atau di atas standar. Kalau kamu jujur, berarti jujur itu kelebihan. Nah, kalau semua orang jujur berarti jujur nilai standar dong ya. Begitu pula dengan konten blog kamu. Mencolok. Menonjol. Di atas standar.

2. Kata Kunci Ngehits dan Akurat

Persisnya di dalam alamat URL, judul  dan konten kamu haruslah mengandung kata kunci. Eh ada yang nanya nih. Kata Kunci apaan ya gan? Pas kamu buka Google nih misalnya, terus di dalam box kamu ngetik

‘beli tiket kereta api’.

kata-kunci-keyword

Setelah itu akan muncul beberapa laman. Nah, beberapa laman yang muncul itu adalah laman-laman yang memiliki keterkaitan tinggi dengan pernyataan yang kamu ketikkan tadi. ‘Beli tiket kereta api’ itulah yang dimaksud dengan kata kunci.

Beruntungnya kita mendapat bantuan dari beberapa tool untuk riset kata kunci ini. Saya pribadi lebih suka menggunakan Google Keyword Planner yang mudah untuk digunakan. Cara memanafaatkan tool ini sangat mudah. Klik saja Google Adwords : Keyword Planner . Untuk mendaftar tinggal masukkan saja email kita. Harus gmail ya genks kalau mau manfaatin tool ini. Setelah masuk ke menu utama Keyword Planner, pilih saja Tools. Dan, taarraa.. muncullah menu seperti berikut..

Langkah selanjutnya ya pilih saja ‘Search for new keywrods using a phrase, website or category’. Udah deh, isi saja kotak-kotaknya sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Langka akhirnya adalah ‘get ideas’. Yee..disana kita bakal nemu beberapa pilihan kata kunci. Saran saya pilihlah kata kunci dengan tingkat pencarian yang tinggi, tapi tingkat persaingannya rendah.

3. Judul Konten Mewaklili Semuanya

Contohnya ada di page yang sekarang lagi kamu baca. Konten dari page ini kan membahas tentang beberapa hal yang bisa kita manfaatkan untuk On-Page SEO. Otomatis saya menciptkan judul yang mengandung ‘On-Page SEOnya’.

Ternyata eh ternyata, masih ada satu syarat lagi lho genks. Judul yang heboh dan bisa menggerakkan orang untuk ngeklik itulah syarat utama yang bisa membuat peringkat blog kamu naik. Baca aja nih tips untuk membuat judul yang asyik. Tenang aja, udah saya carikan sumber yang cakep.

4. Alamat URL Mudahkan Pengunjung

“Ke mana ke mana ke mana”

“Kuharus mencari ke mana”

Belum waktunya sing a song ya gan. Cuma perumpamaan aja..hehehehe. Coba aja bayangin kalau alamat URL kita kaya gini

http://pencurihatikamu.com/?p=123

Sebenernya gak ada yang salah dengan alamat URL seperti itu. Tapi akan lebih baik kalau alamat URL kamu menggambarkan kontennya. Kalau mau lebih ciamik bisa pake kata kunci disana.

Terusa gimana nih cara settingnya? Mudah banget gan! Masuk aja ke menu Settings di lalu pilih permalink. Dan, pilihan kamu jatuhkan ke Post Name.

Mudah kan untuk dipraktikkan. Jangan bilang ribet atau susah dulu. Kalau udah praktik mah..enteng-enteng aja!

 

 

 

 

 

 

Advertisements