Apa itu SEO?


search engine optimizationYang berkunjung ke halaman ini pasti sudah gak asing lagi dengan istilah SEO. Kalau yang masih asing berarti dalam beberapa jam ke depan bisa jadi akrab atau malah jatuh cinta. Anyway, SEO tu makanan khas mana sih? heheheh…

Coba deh kamu ketikkan ‘kata mutiara’ di mesin pencari Google. Beberapa laman yang muncul disana itulah blog yang berkualitas dan relevan dengan kata kunci yang kamu ketik tadi. Yang harus kamu tahu nih, Google mengurutkan hasil pencarian berdasarkan bobot dari blognya loh.

Search Engine Optimization itulah kepanjangannya. Kalau menurut bahasa saya SEO itu semua hal yang kamu lakukan terkait pemeliharaan website atau blog kamu. Supaya blog kamu bisa masuk ke salah satu hasil pencarian tadi. Syukur-syukur malah jadi ranking 1 di Google. Sudah paham? Udah ngeh? Kalau jawabannya yes, yuk kita lanjut ke alasan kenapa kita harus masuk ke salah satu hasil pencarian Google.

Ini terkait dengan tujuan kamu membangun blog sih. Kalau kamu jualan, ya pasti pingin dong blognya rame dikunjungin. Kasarannya para pengunjung itu kan calon pembeli kamu. So, untuk membuat mereka betah berlama-lama dan mengambil manfaat dari blog kamu, yah itu. Optimalkanlah blogmu!

“Terus gimana kalau cuma blog pribadi? Isinya curhatan doang sih gan”

“Tapi di akhir artikel biasanya tak kasih pelajaran yang bisa diambil”

“Yah, ujung-ujungnya jadi blog berbagi motivasi deh”

Kalau kamu mengalami kasus seperti di atas, SEO  juga bisa dimanfaatkan untuk membuat nama kamu populer loh. Ini terkait dengan visi dari Google. Yaitu menyampaikan bermacam-macam hal yang up to date, berkualitas dan bermanfaat. So, sekalipun itu blog pribadi tapi kalau isinya memang bermanfaat, kenapa gak dioptimalkan sekalian? Bisa jadi populer kan kita..hehehe.

Nah, pasti ada salah satu dari pembaca kita yang tanya nih. Upaya apa aja yang harus dilakuin supaya bisa gabung dengan blog-blog lain di hasil pencarian?  Berikut saya share trik dan tipsnya. Let’s check out one by one genks!

  1. On Page SEO
  2. Off Page SEO
  3. Riset Kata Kunci

 

 

Advertisements