Membuat Blog Yang Sukses


Sudah pasti memiliki blog juara yang mendatangkan banyak pengunjung dan meningkatkan keuntungan adalah impian para internter marketer. Kira-kira hal apa sajakah yang bisa kita lakukan untuk membangun blog juara? Berikut saya ringkaskan 13 tahap ampuh yang harus kamu lalui. Tapi, ada satu hal yang harus kamu ingat. Membangun blog juara yang bisa bertahan membutuhkan proses. Tidak bisa langsung ‘criiing’ atau ‘bim salabim’ jadi.

  1. Pastikan niche
  2. Sesuaikan domain, hosting, platform, tema
  3. Ubah menjadi sesuatu yang bernilai
  4. Riset kata kunci
  5. Tentukan target market
  6. Nyari temen yuk
  7. Rancangan konten
  8. Terapkan SEO
  9. Konten yang berbobot
  10. Rajin nongol di sosmed / Publisitas konten
  11. List bulding
  12. Kaji ulang hasil kerjamu

Banyak banget sih yang harus dilakuin. Ya iyalah. Namanya juga pingin sukses. Gak bisa langsung ‘tek’. Ingat genks, usaha tidak pernah mengkhianati hasil. So, semangat yuk kita bahas one by one.  🙂

1 Sudah nentuin niche?

Kalau menurut saya pribadi, satu blog enaknya ya fokus pada satu topik saja. Iya gak? Kalau semua tumplek blek disana kan jadinya gado-gado..hehehe. Gak masalah sih bagi yang hobi ngegado-gado. Dengan setia hanya pada satu niche, maka kemungkinan besar kita akan memiliki pengunjung loyal. Dan, mereka akan menjadikan kita sebagai sumber informasi utama.

Terus gimana kak caranya kita nentuin niche? Gampang banget. Sesuain aja sama hobi, minat atau passion kamu. Atau sesuain dengan bisnis yang sedang kamu jalanin. Hal ini terkait dengan penulisan konten. Kalau kamu minat dalam bidang tertentu, tentunya kamu akan antusias untuk terus belajar. Dan, meningkatkan kualitas kontenmu.

Untuk lebih jelasnya, saya akan menggunakan niche tas rajut.

2 Sesuaikan domain, hosting, platform, tema

Tahap kreatif nih genks..hehehe. Kamu harus nentuin nama yang komersil. Berikut beberapa contoh domain terkait niche tas rajut

tasrajutcantik.comtas-rajutmu

tasrajutgrosir.com

tasrajutkudus.com

Untuk selanjutnya, pilihlah penyedia jasa layanan hosting yang sudah populer dan terpercaya. Misalnya idwebhost.

Platform yang saya gunakan saat ini adalah WordPress. Karena pengoperasiannya relatif mudah. WordPress pun menyediakan theme yang gratis maupun berbayar. Tinggal pilih!

3 Sesuatu yang bernilai

Apa sih sesuatu itu? hehehe.. Di page ini kan kita sedang fokus membahas gimana caranya blog kita ini bisa menghasilkan? Nah, lewat cara apa kita bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai itu?

  • Menjual produk atau jasa. Niche kita di atas kan tas rajut. Bisa kamu menawarkan aneka ragam tas rajut. Mulai dari yang buatan tangan. Atau yang spesial dari kota tertentu.
  • Dropshipper/Reseller. Nah, ini cara yang paling banyak digunakan sekarang genks. Bagi mereka yang berminat untuk memasarkan produk atau jasa kamu bisa tuh kerja sama dropship atau jual ulang. Silahkan klik bagi yang berminat untuk belajar lebih lanjut mengenai dropshipper atau reseller.
  • Program afiliasi. Istilah yang satu masih saudara lah sama dropship atau jual ulang. Pengunjung blogmu bisa membantu untuk memasarkan produk atau jasa yang kita jual. Yah, jadi tenaga pemasar gitu ya istilahnya. Kalau bisa menjualkan, dapet tuh yang namanya komisi.

4 Riset Kata Kunci

Untuk yang satu ini kenapa kita perlu riset? Karena kata kunci sedikit banyak membantu kita dalam memperbanyak pengunjung blog lho. Ya pastinya kata kunci ini merupakan turunan dari niche kita di atas. Misanya niche tas rajut

  • tas rajut jogja
  • tas rajut handmade
  • tas rajut grosir
  • tas rajut murah dll

Kalau dibahas di sini bisa panjaang banget kak. Karena ada tips dan tool khusus dalam menentukan kata kunci. So, yuk kita bahas spesial ni tema di Keyword Research.

5 Siapa target marketmu?

Kalau menurut saya pribadi, bagian ini termasuk vital. Karena dengan memahami target market, maka kita bisa menyelami banyak hal. Misalnya,

  • apa yang mereka butuhkan
  • keluhan atau masalah mereka
  • apa yang ingin mereka pahami
  • target-marketgaya online mereka
  • komunitas apa saja yang mereka ikuti

Nah, dengan memahami target market seperti ini, akan memudahkan kita bukan? Cobalah untuk gabung di Google plus atau grup facebook terkait dengan niche kamu.

6 Temukan teman dengan niche yang sama

Pada tahap ini bukan berarti kamu bisa meniru plek ya genks. Kuncinya adalah perhatikan dan ubah jadi lebih baik. Berikut saya share tahapannya.

  • Pelajari blog dengan niche yang sama. Ingat ya genks, pilihlah blog paling juara. Dari situ kamu harus menambahkan konsep atau ide yang lebih baik.
  • Carilah popular posts mereka. Itu adalah topik yang paling sering dibahas. Pastinya paling sering dikunjungin!

Sah-sah saja kita mempelajari blog yang sudah sukses asal tidak menirunya secara terang-terangan. Karena bisa jadi nanti blog kita di-banned oleh mesin pencari. Intinya, ubahlah jadi lebih baik.

7 Konten perlu rancangan

Masih inget kan di atas bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil? Udah percaya aja deh sama saya.hehehe… Ati-ati musyrik percaya sama saya. 🙂

Oke kita balik lagi ke sini. Kalau udah niat jualan, ya jangan asal-asalan. Tapi harus kamu rencanakan dengan matang tuh konten. Supaya berbobot dan terkonsep dengan apik. Caranya gimana kak? Siap akan saya jelaskan secara gamblang di sini.

Pertama, kamu sudah gabung ke komunitas (misalnya, facebook group) yang terkait dengan nichemu kan? Kalau udah, follow terus perkembangannya disana. Pastinya kamu akan sering ngelihat masalah-masalah yang mereka keluhkan. Nah, bisa jadi ide kontenmu kan?

Kedua, pada tahap ke 6 di atas saya sudah meminta kamu untuk mempelajari blog yang sudah malang melintang dengan niche yang selaras denganmu. Itu tuh kuncinya. Follow juga update terbaru dari blog tersebut.

Setelah itu apa yang harus dilakuin kak? Eheh, masih nanya terus. Gak masalah. Ini memang tempatnya untuk berbagi pengalaman. Nanya aja terus. Totalan ntar ya.. hahaha.

Sudah ngikutin blog yang sukses dan komunitas dengan niche yang sama. Buatlah kerangkanya genks. Ide konten baru masukan dalam proyek baru. proyekYang udah mulai kamu kerjakan, masukkan dalam proyek in progress. Kita bisa membuatnya secara sederhana dalam Microsoft Excel seperti di atas. Yah, sebisa mungkin yang kreatif ya genks. Jangan kaya saya, asal jadi. hehehe.

8 Terapkan SEO

Untuk yang satu ini, karena penjelasannya cukup panjang jadi saya sudah siapkan kategori khusus. Bisa Cek deh di jago SEO. SEO ini merupakan hasil kerjamu sendiri genks. Pastinya butuh waktu dan tenaga. Karena memang manfaatnya untuk skala panjang. Intinya sih SEO adalah teknik dan segala upaya yang kamu lakuin untuk pemeliharaan wesbite atau blog.

9 Konten berbobot

Konten yang berbobot itu yang gimana sih?

  • Isinya lengkap. Misalnya berkaitan dengan Internet Marketing. Maka, semua internet marketer yang mencari ide disana, harus kembali dengan perasaan kagum
  • Kebanyakan orang ketika googling itu mencari solusi dari masalahnya. Jadi, harus bisa menjawab semua keluhan dan masalah pengunjung.
  • Bukan cuma ngasih gambaran umum. Bukan cuma berita yang umum. Tapi, harus dikemas secara spesifik dengan analisis yang mudah dipahami.
  • Berbeda. Masih inget kan larangan saya jangan cuma ngopi plek? Ubah atau tambahi! Buat kontenmu berbeda.

10 Rajin nongol di sosmed / Publisitas konten

“Apa nih hubungannya blog kita dan rajin nongol di sosmed?”

“Gak buat blog juga, aku udah rajin update status kak. hehehe”

Sosmed ini sangat bermanfaat genks. Berikut adalah alasan kenapa kita harus rajin online.

  • Media promosi
  • Kita bisa dapetin ide konten genks. Yes!
  • Sebagai perantara antara kamu dan calon konsumen
  • Membangun hubungan baik

Coba kamu bayangkan! Misal kamu adalah internet marketer pemula, darimana saya bisa tahu kalau kamu jualan. Darimana saya tahu kalau kontenmu keren? Caranya ya kamu share ke beberapa sosmedmu yang bejibun itu. Ingat ya, jangan cuma sekedar berbagi alamat URL saja. Masih ingat kan konsep content marketing?

Berbagi manfaat dulu, baru jualan!

11 List building

email-roi Gambar apaan tuh kak? Tunggu tunggu. Jangan panik dulu. Justru gambar di samping memudahkan kita untuk menyadari bahwa list building itu sangat penting.

Ternyata dari riset yang pernah dilakukan oleh ahlinya, data email menyumbang keuntungan lebih besar. So, segeralah membangun email list. Tak terkecuali buat kamu para internet marketer pemula.

12 Kaji ulang hasil kerjamu

Istilahnya agak berat kak. Bikin pusing! heheheh.. Gak usah diambil pusing. Karena praktiknya gak ribet kok. Pengkajian ini dilakukan supaya kamu bisa lebih fokus

Pertama, kamu bisa tahu dari mana pengunjungmu datang. So, kamu bisa lebih memperhatikan pengunjung setia itu. Bukan berarti yang lain dicuekin ya.

Selain itu, kamu bisa merombak beberapa konten yang membuat pengunjung gak nyaman atau kurang merasa kurang maksimal dalam mengakses suatu informasi. Pertajamlah kontenmu!

 

 

 

Advertisements