Elemen Pemicu Popularitas Konten


televisiLayaknya artis, konten juga butuh popularitas. Dan, itu tidak kebetulan. Terus kenapa sih konten kita perlu populer? Karena konten populer nan berbobot bisa banyak di share oleh pembaca. Selain itu, kita bisa mendapatkan backlink dari luar website kita. Jadi untung kan?

Layaknya artis pula, rajin casting, rajin muncul di tv atau layar lebar. Untuk membuatnya populer harus ada usaha ya. Gak tiba-tiba langsung nge-boom. Itu juga berlaku untuk konten genks. Nah, kalau untuk artis kan udah dibahas singkat tuh pemicunya. Sekarang gantian pemicu kepopularitasan konten!

1 Sebuah kebanggan

  • Buatlah konten yang belum diketahui banyak orang.
  • Membuat penyelesaian yang baru. Harus berbeda dengan penyelesaian yang biasa dibuat oleh website atau blog dengan niche yang sama.
  • Bahaslah sesuatu / seseorang secara eksklusif. Karena orang suka diistimewakan.

2 Konten yang ramah

Apa sih ciri dari konten ramah itu? Konten yang membuat pembaca langsung ngeh dengan isinya. Dan, membuat kita terus mengingatnya. Intinya mudah diingat.

  • Gunakan istilah baru atau singkatan unik.
  • Gambar menjelaskan segalanya. Dengan gambar, pengunjung akan lebih mudah dalam memahami informasi yang kamu bagikan.
  • Paragraf yang mudah dicerna. Apa sih maksudnya dicerna? Aneh-aneh aja nih si kakak. Coba bayangkan pas kamu buka page ternyata isinya tulisan doang. Dengan penataan yang monoton. Pasti males banget lihat penampakannya. So, bisa kamu kreasikan dengan bullet seperti yang saya terapkan. Manfaatkan kutipan juga genks.
  • Step by step. Ini penting genks. Karena bisa jadi pengunjung blog kita membutuhkan tuntutan secara detil.

greates-hits-populer3 Topik yang nge-hits

Bahaslah sesuatu yang sedang nge-hits. Ciri dari topik yang kondang adalah selalu dibicarakan oleh suatu komunitas. Apa sih yang paling sering mereka bicarakan terkait dengan fokus niche di blog kamu. Bisa kamu jadikan ide topik tuh.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan solusi penyelesaian dari keluhan atau masalah yang belum terpecahkan. Itulah 2 ciri yang bisa kamu pake untuk menciptakan topik yang nge-hits.

4 Yang menggugah emosi

Popular-Emotions Grafik di samping merupakan simpulan dari seberapa banyak pengunjung melakukan share berdasarkan emosi yang mereka rasakan. Dan, 4 kategori teratas adalah emosi kagum, tawa, hiburan, bahagia.

Pasti nih beberapa dari kamu penasaran gimana caranya membuat konten yang membuat orang lain kagum. Gampang banget genks. Gak ada yang gak mungkin asal kita mau terus berusaha.

Berikut saya share tipsnya membuat konten yang menggugah kekaguman pengunjung.

  • Komplit. Enak kan kalau kita bisa mendapat pelajaran lengkap di satu tempat. Gak perlu bingung harus ngulek-ngulek sumber informasi lain. Cukup di satu tempat saja.
  • Penyatuan dari beberapa emosi. Wah, yang satu ini bisa bikin pembaca kamu meleleh. Misalnya nih olah kontenmu yang bisa bikin pengunjung merasa kagum dan bahagia.
  • Kajian suatu kasus. Kebanyakan dari kita nih paling seneng kalau membahas sesuatu yang diulas mendetil dan kritis. Nah, itu bisa kamu manfaatkan.

5 Story Telling

Metode ini membuat pembaca merasa akrab dengan penulis. So, manfaatkan metode bercerita seolah-olah kamu sedang mengobrol dengan hanya satu pembaca. Dengan cara seperti ini, pembaca akan betah mantengin page per page milikmu. Sssstt..karena mereka merasa diistimewakan.

6 Mudah Diterapkan

Pilihlah topik konten yang bisa dengan mudah diterapkan. Karena percuma juga kamu membuat beribu-ribu konten yang ciamik, tapi pada kenyataannya sulit atau bahkan tidak bisa dipraktikkan. Misalnya nih ada headline semacam ini gambar-uang-banyak

Cara Mendapatkan $ 1.000.000 Dalam Waktu 1 Hari

Headline di atas mungkin saja bisa diterapkan dalam dunia nyata. Tapi, apakah bisa langsung dipraktikkan dengan mudah? Jawabannya adalah kamu butuh lebih dari satu konten untuk membahasnya. So, topik yang bisa diterapkan langsung dengan mudah, itulah yang lebih banyak dicari.

Camkan 2 hal berikut!

Kita sudah membahas teknik jitu untuk mendongkrak kepopularitasan konten. Sekarang saatnya kamu tahu bahwa ada beberapa hal yang harus kamu hindari. Pantangan ciinn!

  • Standar aja. Ini pantangan pertama. Orang mencari sesuatu yang di atas standar. Jadi, kontenmu haruslah mencolok dan lebih unggul.
  • Boring nih! Jangan sampai pengunjung berkomentar seperti itu. Baru baca satu alinea saja udah pingin kabur dari page kamu. Hiii ngeri!
  • Promote your content. Sudah saya teriakkan di awal kan. Bahwa kamu rugi. Rugi besar. Kenapa kak rugi? Karena kontenmu ciamik tapi gak kamu promosikan!

 

 

Advertisements