Teknik Penulisan Artikel


Hello genks! Ketemu lagi sama saya di sini. Pastinya kita kumpul di sini untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Yah, supaya untung bareng lah. Oke, gak perlu banyak pendahuluan. Langsung aja kita cus fokus menyusun artikel yang mantap untuk content marketing kita. Kenapa artikel memiliki fokusnya sendiri? Karena memang harus saya akui bahwa membuat artikel itu gak mudah. Apalagi artikel yang bisa membuat orang bertahan untuk lama-lama baca pagemu.writing

Dan, berikut 9 teknik yang saya janjikan.

  • Lihatlah karakter pembaca kamu. Usia adalah salah satu contohnya. Coba kamu bayangkan kalau usia remaja harus membaca artikel yang formal seperti di koran. Duh, bikin pusiiing kan? Terus gimana solusinya kak? Ya sesuaikan dengan umur! Untuk remaja bisa memakai bahasa gaul nan santai. Untuk yang lebih dewasa bisa pake bahasa formal. Eitss, tapi inget jangan sampe ngebosenin ya.
  • Judul penggugah rasa. Apa tuh maksudnya kak? Rasa apa yang dimaksud? Rasa untuk terus membaca dan membaca. Coba deh kamu inget-inget lagi. Pas lagi nyari sesuatu, kita ngetik di box google. Setelah itu keluarlah beberapa laman. Dalam memilih salah satu laman itu, pastinya kamu lihat judulnya kan? Nah, untuk yang satu ini kita wajib baca jurus membuat judul. Tapi intinya sih kreasikan judulmu. Sekali baca, bikin orang penasaran isinya apa!
  • Pembacamu itu pemalas. Lhoh kenapa gitu kak? Jangan ngatain orang dong. Ini kenyataan genks. Mereka gak bakalan baca semua isi artikel kamu.tubuh-lemah Skimming atau membaca cepat. Jadi, untuk mengakalinya buatlah paragraf kita bervariatif formatnya. Jangan cuma tulisan doang. Tiap paragraf sebaiknya diisi 2 sampai 3 kalimat. Gak lebihMales kan bacanya, kalau isinya lurus rus tulisan aja.
  • Jangan menyengsarakan pembacamu. So, gunakanlah font yang membuat mereka nyaman. Jangan menerapkan font yang sulit untuk dicerna mata mereka.
  • Naikkan bobotnya. Ini kalau cewek yang naik bobotnya mungkin bakal koar-koar gak karuan ya. heheheh..Tapi tenang girls. Ini bukan buat kamu. Tapi spesial untuk artikel yang kamu tulis. Kalau misalnya kamu sekedar contek sana contek sini. Terus ketahuan sama google, rugi kan kita? So, carilah yang konten jempolan! Modifikasi jadi lebih berkualitas. Artikel itu bisa berupa informasi dan arahan. Kalau fokus pada arahan, ya haruslah bisa membimbing pembaca sampai paham. Dan, kalau berisi informasi ya wajib mengandung informasi yang mendalam dan tuntas.
  • latent semantic index
  • Gambar di samping adalah contoh Latent Semantic Index. Merupakan fitur yang digunakan oleh mesin pencari untuk bisa memahami maksud dari artikel. Dan, manfaatkanlah kata kunci berkaitan tersebut ke dalam artikel yang sedang kamu buat. Cukup gunakan sebagian saja. Dan, tidak perlu plek. Misalnya ‘cara membuat blog menarik’.
  • Tulis saja artikelmu sampai selesai. Setelah itu baca dengan suara lantang. Nah, kira-kira nemu kalimat yang janggal gak? Oh gak cuma janggal kak! Banyak juga ejaan yang kurang tepat dan salah ketik. Di situlah fungsi dari tahap editing.
  • Ingat-ingat On-Page SEO. Jangan diambil pusing. On-Page SEO ini dilakukan ketika udah selesai nulis. Kalau lagi nulis ya nulis aja. Gak usah mikir yang lain. Nah, kalau udah selesai baru tuh optimalkan On-Page SEO. Gampang dan gak butuh waktu lama kok. Pertama, manfaatkan meta description yang merupakan deskripsi singkat dari artikel kamu. Perhatian kedua kamu: alamat URL. Biasanya sih secara otomatis akan keluar sesuai dengan judul yang kamu buat. Saran saya ubahlah alamat URL kamu dengan tipe post name. Ini akan memudahkan pengunjung genks. Artikel tanpa gambar rasanya garing. Jadi, unggahlah beberapa gambar yang sesuai dengan kontenmu.
  • 3 hal dasar yang harus kamu camkan dalam berbagi aritkel adalah digital-marketing

1. Berbagi ke sosmed atau forum dengan cara yang informatif. Misalnya nih ada yang tanya tentang riset kata kunci yang mudah gimana ya kak? Kebetulan kamu punya artikel yang pas dengan masalah tuh orang. Ancang-ancang dan yak..kasih linknya gan!

2. Untuk mempermudah pengunjung blog yang udah jatuh cinta sama isi dari artikelmu, pasanglah button share. 2 hal tadi cuma dasarnya doang. Coba deh kamu intip nih jurus cespleng promosi konten!

 

Advertisements