Promosi & Distribusi Konten


Ini dia tahap paling penting setelah kamu selesai menyusun konten. Abis publish masih ada tahapan lagi kak? Iyalah. Masih inget gak wanti-wanti dari saya. Pokoknya percuma kalau kontenmu keren abis tapi gak pernah ada yang maen untuk baca, like atau share. So, di page ini dak sekarang juga saya bakal mandu kamu untuk meletupkan tuh konten! Pengunjung naik, traffic naik. Untung ada di kita. Yuk, kita mulai dari jurus pertama sampai ke tiga belas!

Jurus ke-1

Siapkan umpan sebanyak-banyaknya! Bayangkan ketika kamu pergi mancing. Hal penting apa selain alat pancing yang harus kamu bawa genks? Yup betul. Itu dia. Umpan! Ini yang harus kamu tiru. Gimana caranya mempersiapkan umpan yang baik kak? Gak usah bingung-bingung. Ini 3 kewajiban yang harus kamu penuhi

  1. Kalau kamu menyusun konten yang analisis. Siapkan data yang valid. Terpercaya. Yah, pokoknya berdasarkan fakta.
  2. Efisien. Artinya bisa dengan mudah dipraktikkan oleh pembaca.
  3. Menguras emosi pembaca.

Umpan disini menurut saya pribadi lebih mengacu ke topik yang mendesak. Yang membuat orang merasa

“ini penting. harus saya baca sekarang”

Jurus ke-2

Email_IconMasih inget materi yang pernah saya sampaikan tentang list building? Di sini juga masih dibutuhkan tuh ilmunya. Saya sendiri menyebutnya dengan faktor kali. Satu pengunjung menjadi subscriber. Dan, ketika kamu mempublish konten terbaru, dia akan sadar dengan sendirinya. Lebih mudah kan untuk membuatnya kembali. Itu baru satu, bayangkan ada 1000 pengunjung setiap hari. Minimal 10% dari mereka menjadi subscriber. Asyik asyik..ayo belajar bikin form pendaftaran email.

Jurus ke-3

Ada yang salah dengan pemanfaatan sosmedmu. Lho bagian mana yang salah kak? Iya pokoknya salah. Salah besar. Ayo ngaku ini pasti 3 hal yang selalu kamu lakukan!

Membagikan link website ke semua sosmedmu

Membagikan link website ke forum komunitas yang kamu ikuti

Bagi aja terus, gak lihat kondisi, gak lihat situasi!

Itulah kenapa saya bilang salah besar. Kamu cari entengnya sih. Hasil yang memuaskan itu berkat usaha tanpa henti. Ini dia usaha wajib terkait promosi konten di sosmed!

Berbagi status: Isinya jangan cuma judul. Tapi haruslah bahasan singkat dari kontenmu. Buat semenarik mungkin!

Jangan egois. Jangan cuma berbagi link websitemu aja. Terutama ketika di forum komunitas. Berbagilan informasi yang bermanfaat. Sambil sesekali share konten sendiri!

Jurus ke-4

Cari grup di facebook yang bersih. Lhoh emang ada grup facebook yang kotor kak? Iya ada tentunya. Biasanya isinya cuma spam doang. Tidak fokus di satu topik. Ngalor ngidul lah intinya. Kalau kamu nemu facebook grup yang bersih, ini nih komunitas yang nguntungin buat kamu.

Ada satu aturan yang harus kamu penuhi dalam bergabung di facebook grup ini. Yaitu niat. Kalau niat kamu dari awal cuma mau ng-share link website. Udah stop aja. Gak usah gabung sekalian. Karena mereka gak bakalan gubris kamu. Kenapa?

Karena member grup facebook bersih sangat selektif. Niat kamu haruslah berbagi informasi. Dan, membantu anggota yang berbagi keluhan atau masalah tertentu. Misalnya kamu bisa manfaatin rasio 4:1. 4 kali promosi dan 1 kali ng-share link. 🙂Sharing

Jurus ke-5

Komunitas elit nih saya nyebutnya. Google plus. Kenapa elit? Karena membernya gak cuma selektif, tapi juga niat banget. Alias antusias. Jadi, jangan sekali-sekali nyoba sekedar nge-share link websitemu. Informasi dan manfaat. Dahulukan 2 hal itu. Aturan di sini sama aja kok dengan grup facebook.

Jurus ke-6

Artikel sama gambar melulu tuh kontenmu! Apa sih kak maksudnya, tambah ribet aja? Enggak kok, coba aja. Gampang dan asyikk! hehehe

Ubah formatnya, lalu publish ke beberapa tempat yang berbeda. Isinya sama persis? Iya dong! Gini nih maksudnya, kamu punya konten berupa artikel. Ubah formatnya dalam bentuk pdf, video atau power point presentation. Nih saya kasih sekalin alamat buat nge-share konten dalam format berbeda dari yang biasa.

Untungnya lagi nih, situs Kompasiana, Youtube dan SlideShare memiliki reputasi yang luar biasa di mesin pencari Google. So, konten kamu bisa jadi lebih mudah mendapat rangking 1 di hasil pencarian mesin pencari.

Jurus ke-7

Ikuti blog dengan niche yang sama. Dengan cara seperti ini, kamu bakal ngeh dengan postingan populer dari mereka. Cuma itu kak? Gak lah. Masih ada satu manfaat lagi. Yaitu berhubungan langsung dengan penulis. Aduh! Apalagi ini? Tunggu tunggu jangan ngeres. Maksudnya berhubungan lewat komentar!

Komentar-niat-2

Oh itu maksudnya! Nih gue kasih aja contoh komentar pas yang bisa kamu tiru. Kurang baik apa sih saya. hahaha. Stop. Kita lanjut fokus lagi! Komentar itu gak cuma sopan. Tapi harus bermanfaat untuk blogmu dan blog yang kamu ikuti. Inilah cara yang halal buat berhubungan dengan sesama blogger. hehehe.

Jurus ke-8

Penulis tamu di blog yang udah populer. Ini salah satu jurus yang banyak diterapkan oleh blogger. Bagian penting dari guest blogging adalah kita bisa mendapat backlink. Ya otomatis blog kita naiki level. Ingat ya, kalau kamu harus menjadi penulis tamu di blog yang punya niche sama dengan blog kita. Biar gak salah jurusan!

Jurus ke-9

share ke sosial media

 

Taruhlah tombol share

  • di awal konten
  • di samping (ikut turun saat di-scroll)
  •  di akhir konten

Jurus meminta pembaca melakukan share yang ini sangat bermanfaat genks.  Minta-tweetContoh di samping adalah cara yang asyik dan lebih efektif dalam meminta pembaca melakukan share. Lakukan secara lebih pribadi!

 

 

 

Advertisements