Apa itu Hosting? Apa itu Domain?


cara-membuat-websiteMau bangun sebuah website? Berarti kamu membutuhkan yang namanya hosting dan domain. Pastinya blogger udah ngeh sama 2 istilah itu. Terus gimana buat pemula? Gak usah bingung dulu. Page ini diciptakan untuk menjawab pertanyaan di atas. Let’s check it out!

Kita pake pengibaratan aja ya biar pemahamannya lebih mudah. Kita mulai dari hosting. Jadi, hosting itu ibarat lahan kosong atau kavlingan yang disewakan dan memliki luas tertentu. Terus, domain itu ibarat alamat dari lahan atau kavlingan tersebut. Sedangkan websitenya bisa berupa bangunan di atas lahan atau kavlingan. Mudah kan untuk di pahami?

Nah, website atau bangunan itu bisa berupa rumah (website personal) toko (toko online), gedung bertingkat (perusahaan atau organisasi). Nih, saya jelaskan sekali lagi yang lebih ilmiah.

Ketika kita membangun website, pasti kita mengisinya dengan konten. Konten tersebut bisa berupa gambar, audio, video, artikel dll. Nah, hosting adalah penyewaan tempat menampung konten-konten tersebut dan semua data yang terkait dengan websitemu. So, bisa diakses via internet deh.

Layaknya alamat, domain haruslah mudah diingat. Supaya pengunjung gak nyasar kalau mau main ke tempat kamu lagi. hehehe.. Selain mudah diingat, lebih baik lagi menggunakan nama domain yang mewakili websitemu. Misalnya membangun sebuah toko online dengan produk kaos oblong. Pake aja kaosoblong.com. Jokowi-tepuk-jidat-okJangan membuatnya jadi ribet seperti ini. rakklamben.com. Nah loh, jualan baju ko nama tokonya gak pake baju. Aduh..tepok jidat!

Advertisements