Memahami Whois Domain dan Whois Privacy Domain


tokopediaGambar di atas adalah data informasi pemilik domain tokopedia.com. Dengan mendaftarkan nama domain berarti data pribadimu seperti nama, alamat, email dan nomor telepon bisa dengan mudah di akses oleh pengguna internet. Terutama jika mereka melakukan cek pemilik domain.

Seperti gambar di atas, saya melakukan cek pemiliki domain tokopedia di whois.net. Iya! Setiap orang yang tahu nama domain kamu, bisa mengakses data pribadimu. Yuk kita bahas lebih detil. Apa itu Whois Domain dan Whois Privacy Domain.

Sebenarnya hal ini bertujuan supaya orang yang melakukan pelanggaran hak cipta atau spam bisa dilacak dengan mudah. Tapi, tenang saja melindungi data pribadi dengan cara membeli layanan tambahan domain privacy. Sehingga, data pribadi kamu tidak bisa diakses oleh publik.

Meskipun begitu, jika sewaktu-waktu kamu melakukan pelanggaran hak cipta atau pelanggaran lainnya yang merugikan, data pribadimu masih bisa ditelusuri oleh pihak berwajib.

 

Apakah domain privacy wajib?

pencuri-dataJawabannya tergantung dari pemilik website masing-masing. Jika kamu ingin menghindari

  • spam
  • pencuri identitas
  • pembeli nama domain

Maka domain privacy bisa kamu manfaatkan.

Ingat! Websitemu bisa saja di hack dan identitas kamu bisa dicuri. Jadi, dengan menyembunyikan informasi pribadi yang ada pada Whois, kamu sudah meningkatkan keamanan websitemu.

Misalnya, nama kamu, alamat, nomor telepon dan alamat email yang kamu gunakan untuk membeli nama domain, bisa dimanfaatkan oleh orang lain untuk membuat akun sosmed misalnya. Tinggal nambahin foto aja! Selesai deh, private information kita sudah dimanfaatkan oleh orang lain!

Nah, berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas kamu bisa menyembunyikan data informasi pribadi kamu.

 

Advertisements