Memahami Kata Kunci dan Riset Kata Kunci Paling Mudah


 

23

Coba perhatikan pernyataan yang terdapat di kotak mesin pencari Google.

  • download photoshop terbaru
  • download photoshop cs7
  • free download photoshop terbaru 2015
  • dowload photoshop terbaru full

Iya, itulah beberapa contoh kata kunci. Kata kunci atau keyword bisa dikatakan penting! Karena ketika berjualan, kita pasti punya keinginan untuk mendapatkan pengunjung yang sesuai dengan target market.

Dan, kata kunci adalah penentu dari ketepatan jumlah pengunjung yang mengunjungi website kita. Begini saja, saya akan memberikan satu ilustrasi seperti berikut.

Produk yang saya tawarkan kepada pengunjung website adalah produk tentang jamu tradisional. Ternyata keyword yang saya pilih selama ini malah berkaitan dengan ‘cara membersihkan jerawat’. Kira-kira pengunjung yang datang akan membeli produk saya?

Kemungkinan besar tidak! Kenapa? Iya karena mereka sudah mengetikkan kata kunci ‘cara memberishkan jerawat’ tapi yang keluar malah produk tentang jamu tradisional.

Karena itulah kita harus belajar membuat kata kunci yang tepat! Sekarang bayangkan saja bahwa saya menjual produk jamu tradisional. Dan, kata kunci yang paling tepat berkaitan dengan produk saya adalah ‘jual jamu tradisional’. Kenapa bisa dikatakan tepat?

Karena memang kata kunci tersebut sesuai dengan yang kita jual! Sehingga bisa mendatangkan pengujung yang tepat dengan sasaran kita. Paham kan?

Nah, sekarang saya akan menuntun kalian tahap demi tahap untuk melakukan riset kata kunci dengan Google Keyword Planner.

#1 Masuklah ke akun Google Keyword Planner kamu. Lalu klik Tools.

27#2 Tahap selanjutnya, ketiklah nama produk atau jasa yang kamu tawarkan. Ingat! Ketika kata kunci utamanya saja. Pada tahap ini saya mencontohkan ‘jamu tradisional’. Dan, pada kolom kategori produk, pilih yang sesuai dengan kategori produk yang kamu jual.

#3 Tunggu! Jangan pusing dulu. Mungkin kelihatannya rumit,, tapi intinya kita tinggal mengisi titik-titik di dalam kolom.

28

Kolom pertama: Isi dengan target negara

Kolom kedua: bahasa target negara

Kolom ketiga: pilih mesin pencari (Google atau Google dan mesin pencari rekanan Google)

Kolom Keempat: rentang tanggal (saran: satu tahun ke belakang)

Kolom kelima: Rata-rata pencarian perbulan (saran: lebih dari 3000) dan kompetisinya pilih rendah dan medium

Klik Get Ideas.

29#4 Setelah kita klik Get Ideas, pilihlah Keyword Ideas. Dan, hasil riset kata kunci kita telah keluar. Atau kita juga bisa memilih Ad group ideas yang berarti kata kunci yang kita cari telah dikelompokkan.

#5 Misalnya, kita pilih Keyword Ideas saja. Ada beberapa kata kunci yang bisa kamu pilih di sana. Misalnya, kita pilih kata kunci ‘penyakit asam urat’. Lalu pilih tanda panah. Itu berarti kita telah membuat grup baru. Kita boleh pilih lebih dari satu kata kunci ya.

30

#6 Tahap selanjutnya adalah kita pilih copy to clipboard. Lalu disalin ke tempat di mana bisa kita akses.

 

 

 

 

Advertisements