Cara Sederhana Melakukan On Page SEO


Iya, seperti yang sudah saya bahas di halaman sebelumnya tentang 2 faktor rank tinggi di google. Yaitu kita harus melakukan optimasi On Page dan Off Page SEO. Spesial untuk halaman ini, kita akan membahas tentang On Page SEO. Sumber terpercaya saya yaitu, Mister Master Syamsul Alam menyatakan bahwa untuk optimasi On Page ada 5 hal yang harus diperhatikan. Yang kesemuanya itu terkait dengan Keyword atau kata kunci.

  • Title tag
  • URL dan Meta Description
  • Heading (h1, h2, h3)
  • Image Filename dan Image Alt Tag
  • Paragraf pertama dalam artikel kita

Apaan tuh maksudnya? Iya maksudnya adalah setiap kali kita akan mempublish sebuah konten, pastikan kata kunci target kita terdapat pada 5 poin di atas. Misalnya nih, kata kunci target untuk konten halaman ini adalah ‘on page seo’.

Masih juga bingung? Berikut saya contohkan!

#1 Title Tag

10Nah, bagian yang saya beri garis merah itu disebut dengan Title Tag. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah menyisipkan kata kunci target ke dalam title tag tersebut.

Untuk poin ke 2 sampai dengan poin ke 5 sama juga cara penerapannya. Oke, saya kasih satu contoh dua lagi untuk menyisipkan kata kunci.

#2 Masukkan kata kunci pada paragraf pertama. Biasanya nih, ada blogger yang menyisipkan kata kunci utama dalam bentuk bold, italic dan underline. Kita tidak perlu melakukan hal itu. Cukup sisipkan kata kunci target ke dalam paragraf utama saja.

#3 Isilah Image Filename dan Image Alt Tag dengan kata kunci target atau sesuai dengan topik postingan kamu seperti contoh di bawah ini.

12

 

13

 

 

 

 

