Faktor-Faktor Lain yang Mempengaruhi SEO


Apa sih sebenarnya yang diinginkan mesin pencari layaknya Google? Iya, benar! Mereka ingin membagikan hasil pencarian yang relevan, memberikan hasil pencarian yang menyumbang pengalaman menyenangkan bagi pengunjung. Barusan saya pingin mengunduh lagu favorit melalui mesin pencari Google. Setelah saya tulisa dan telusuri sampai pusing tujuh keliling (lebey) kok gak nemu sih?

Saya merasa kecewa berat dan pengalaman tidak asyik dengan mesin pencari Google ini. Langsung saja saya out! Dikecewain sama laman-laman yang tidak bisa menjawab keinginan saya.

Eh, ternyata Google itu tahu lho, kalau kita baru saja landing di satu halaman tertentu dan langsung kembali. Ini nih yang disebut dengan Bounce Rate. Sudah bisa ditebak, website dengan Bounce Rate tinggi sangat dibenci oleh Google. Karena dianggap tidak memberikan manfaat bagi pengunjung.

Mesin pencari akan langsung berasumsi bahwa website dengan Bounce Rate tinggi itu jelek. Nah, sekarang yang harus kamu lakukan adalah memberikan dan memastikan pengunjung websitemu merasa mendapatkan pengalaman menyenangkan setelah main-main ke websitemu. Iya itu, karena salah satu penilaian mesin pencari adalah seberapa banyak orang yang langsung pergi setelah sampai pada satu halaman tertentu.

Terus, gimana caranya membuat orang betah berlama-lama di halaman website kita? Sabar sobat, nih saya sudah prepare beberapa poin spesial terkait faktor-faktor yang mempengaruhi SEO.

17

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#1 Kualitas Konten

Artikel dengan rata-rata panjang di atas 1500 kata memiliki kecnderungan mendapatkan rank tinggi. Coba lihat situs wikipedia, sering kali menpadat rank nomor 1 di hasil pencarian pertama. Karena artikel yang panjang, orang cenderung percaya dengan analisanya. Selain itu, Wikipedia juga memiliki link inbound dan outbound yang terpercaya dan relevan.

#2 Porsi Iklan

Yang suka main Google Adsense mungkin punya iklan bejibun di sisi kanan, kiri bahkan atas dan bawah. Padahal nih, halaman blog dengan banyak iklan seperti ini cenderung nyebelin. Kenapa? Pertama, suka berat pas di load. Kedua, pengunjung main ke website kamu bukan untuk iklan. Tapi, buat cari informasi. Nah, kalau halaman web yang kamu urus ternyata memuat iklan lebih dari 30%, hasilnya adalah Bounce Rate.

#3 Kecepatan Situs

Semakin lama di load, maka semakin menjengkelkan tuh website. Pernah dapet pengalaman kayak gini? Apa yang kamu lakuin kalau nemu website yang pas dibuka, loadingnya lama bener. Iya! Pasti ditinggalin! So, pastikan kamu pake theme yang profesional. Gak aneh-aneh. Gak kebanyakan plug in yang gak penting. Artikel tertata rapi. Seperlunya saja.

Kebanyakan gambar juga bisa buat website kita susah di load loh. Pastikan optimasi gambar dengan benar, misalnya pilih gambar dengan ukuran medium.

 

Advertisements