Terminologi Penting Wajib Kuasai di SEO


Ketika kita melakukan optimasi SEO, kamu tentu akan ketemu dengan istilah-istilah baru yang menurut saya awalnya bikin pusing. Tapi tenang saja, setelah kamu baca penjelasan di bawah ini kamu bakal paham dan gak ngerasa gliyengan lagi baca istilahnya yang keinggris-inggrisan.

#1 Pagerank

Merupakan nilai yang diberikan oleh Google untuk suatu situs guna mengukur tingkat kepentingannya. Pagerank ini dimiliki oleh setiap halaman, iyalah namanya juga page (halaman). Dan, bisa jadi setiap halaman memiliki pagerank yang berbeda dengan halaman lain meskipun berada di situs yang sama.

19Coba lihat gambar di samping! Google punya pagerank 9. Ketika saya mencoba mengetikkan kata kunci jual baju batik, muncullah beberapa laman dengan pagerank masing-masing 3, 2 dan 1. 20

Apa sih yang mempengaruhi sehingga sebuah halaman bisa mendapatkan pagerank 9, 3, 2 atau 1? Yup, ia ditentukan oleh backlink dan kualitas dari backlink tersebut.

Jadi, semakin banyak yang ngelink ke halaman kamu, semakin tinggi pula pagerank halaman tersebut.

#2 Link Juice

21

Pura-puranya nih ada 3 situs dengan nama A, B dan C. Udah anggep aja itu situs beneran. hehehe.. Ketiga situs tersebut menarget keyword yang sama. Melakukan optimasi sama, pokoknya semuanya sama. Tapi, ada satu yang membedakan. Yaitu struktur backlinknya.

Situs A ngelink ke situs B. Ya otomatis pagerank situs B lebih tinggi dari situs A. Eh, si situs B ternyata ngelink ke situs C. Kira-kira dari ketiga situs tersebut, situs mana dengan pagerank tertinggi?

Udah pasti jawabannya situs C. Karena mendapat backlink dari situs B (yang sudah mendapat backlink dari situs A). Jadi, menurut pandangan Google situs C bisa dipercaya karena telah mendapat backlink yang berkualitas dari situs B. 22

Sekarang alihkan perhatian kalian pada gambar dengan latar oren. Situs C, D, E, F berturut-turut memiliki pagerank 3, 4, 2, dan 1. Dan, keempat situs tersebut ngelink satu situs yaitu situs B. Google akan memberikan penilaian bahwa situs B terpercaya karena mendapatkan link dari beberapa situs. Kita umpamakan situs B memiliki pagerank 5.

Sekarang arahkan matamu ke situs A! Situs A hanya mendapat satu backlink, yaitu dari situs B. Tapi, meskipun hanya mendapatkan satu backlink saja, menurut Google itu jauh lebih baik. Daripada situs kamu mendapat banyak backlink dari beberapa situs dengan pagerank rendah. Satu power link saja dari situs page rank 5.

#3 Anchor Text

Text yang digunakan oleh sebuah link, ketika kita membuat sebuah link, baik itu inbound link (link masuk) atau backlink atau outbound link (link keluar). Text yang kamu masukkan haruslah yang tepat sasaran dan relevan. Misalnya jual hamster. Kalau kamu klik text jual hamster tersebut, akan mengarahkan kamu ke situs penjual hamster. Ingat! Harus relevan dan hati-hati dalam pemilihan textnya. Hati-hatinya adalah harus bervariasi dan terlihat alami.

#4 Link Profile

23Seberapa bagus sih rapotmu? Ada nilai merahnya gak? Itu rapot jaman SD kali ya. Beda dengan rapot situs. Jadi, seberapa bagus sih rapot situs kamu?

Menurut Mister Master Syamsul Alam, Link Profile merupakan rapot keseluruhan situs kamu. Bagi Google, SEO adalah hal yang mudah untuk diakali. So, karena itulah Google selalu berusaha untuk memberikan hasil pencarian yang relevan. Hanya menampilkan situs yang relevan saja!

Jadi, Google bisa melakukan filter untuk situs-situs yang tidak relevan dengan melihat rapot keseluruhan yang disebut dengan Link Profile. Kamu kalau pingin tahu gimana caranya melihat rapot keseluruhan tersebut, bisa cek di Majestic SEO. Di situ kamu bisa mengetahui secara keseluruhan mengenai situs kamu. Mulai dari sejarah dan perkembangan situs kamu sekarang. Misalnya, seperti berapa backlink kami, domain yang nge-link ke situs kamu, anchor text dan masih banyak lagi.

Advertisements