Konsep Dasar SEO (Search Engine Optimization)


25Baru saja saya melakukan pencarian di mesin pencari Google dengan kata kunci cara merawat wajah yang kering. Dan, muncullah beberepa laman yang relevan alias cocok dengan kata kunci target saya.

Apakah secara kebetulan saja Google menampilkan website-website terkait kata kunci yang saya ketikkan? NO!

Google memilah-milah website sesuai dengan tingkat relevansi dan kualitasnya. Inilah alasan kenapa kamu harus belajar SEO untuk membuatnya ranking 1 di mesin pencari. Karena SEO membantu menjadikan websitemu relevan dan berkualitas.

Dasar-dasar SEO

Google dan beberapa mesin pencari lain merupakan penyedia jasa layanan informasi yang memiliki visi untuk selalu menampilkan website yang berkualitas dan relevan untuk pengunjungnya. Contohnya seperti kasus saya di atas. Kata kunci saya adalah cara merawat wajah kering, kalau yang keluar adalah laman-laman yang membahas cara merawat wajah berminyak, berarti? Iya, mesin pencari tersebut tidak membagikan konten yang relevan dan berkualitas. Finally, pengunjung kecewa dan gak lagi-lagi deh cari info di mesin pencari tersebut.

Mesin pencari pastinya akan menampilkan laman-laman yang terbaik (yang relevan dengan kata kunci target) untuk pengunjungnya. Supaya mereka balik lagi menggunakan jasanya. So, website terbaik itu yang gimana sih?

  1. Konten yang ditampilkan
  2. Struktur dan navigasi
  3. Kepuasan pengguna
  4. Popularitas

Empat syarat di atas tentu saja terkait satu sama lain untuk menjadikan website kamu juara.

