On Page SEO


On Page SEO adalah upaya-upaya pengoptimalan yang kamu lakukan dari dalam website kamu sendiri. Kuncinya cuma 2 yaitu36 buatlah website kamu relevan sesuai dengan target kata kunci dan berkualitas. On Page SEO ini bertujuan untuk membuat pengunjung betah berlama-lama berada di website kamu. Kalau pengunjung betah bereksplorasi di website kamu, maka mesin pencari akan berasumsi bahwa konten dari websitemu telah memberikan manfaat dan uer experience yang oke.

Terus gimana kalo mereka baru klik sekali langsung kembali? Belum ada sedetik landing udah balik. Mesin pencari akan menganggap kalau konten yang kamu bagikan tidak berkualitas. Kurang memberikan pengalaman dan kepuasan bagi pengunjung.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi kepuasan pengunjung website kamu. Dan, langsung saja kita bahas satu per satu.

#1 Konten yang Berbobot

Website kamu akan juara kalau kamu bisa mengisinya dengan konten-konten yang berkualitas. Tentu saja ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan konten yang berbobot.

  • Membagikan manfaat maksimal untuk pengunjung. Misalnya nih, saya mau download drama Korea terbaru yang tayang awal tahun 2016. Saya cek salah satu laman yang disediakan Google. Dan, mendapatkan beberapa list drama Korea yang ternyata udah tayang di akhir tahun 2015. Sesuai gak dengan apa yang lagi saya cari? Tentu saja tidak. Berarti tuh website tidak memberikan manfaat maksimal untuk saya. Sesuai dengan kata kunci aja gak, gimana mau ngasih manfaat yang maksimal?
  • Lebih kuat dibanding website lain dengan konten yang sejenis. Ada 2 situs yang membahas topik sama dan menarget kata kunci sama. Situs pertama hanya sekadar berbagi informasi. Sedangkan situs kedua memberikan nilai tambah dengan menampilkan data dari sumber-sumber yang relevan. Tunjukkan kalau situs kamu membagikan konten yang lebih baik dari lainnya.
  • Diperhatikan pengunjung dalam waktu lama.
  • Mengaduk-aduk emosi pengunjung. Beberapa waktu lalu saya membaca satu artikel yang membahas tentang ‘teman 1lama’. Setelah membacanya, saya jadi teringat pada teman-teman lama (jadi mellow nih!). Sekarang gimana ya keadaan si A yang dulu jago ngebantah guru di kelas. Jadi apa sekarang si B yang biasa jadi wakil sekolah untuk olimpiade Kimia. Nah, konten yang bisa membuat pengunjung merasa bahagia, sedih, bersyukur, kagum dan sejenisnya itu bisa dapat nilai plus dari pengunjung. Pastinya, pengunjung bakal balik lagi ke situs tersebut. Karena penasaran sama konten berikutnya.
  • Mengatasi masalah pengunjung. Ada banyak sekali orang yang mencari solusi melalui internet. So, kontenmu haruslah mengandung pemecahan masalah bagi pengunjung website.

#2 Keyword Jitu dan Ngehits

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan box Google kan? Di sana kita sering mengetikkan sesuatu. Misalnya nih beberapa waktu lalu heboh kasus gadis remaja yang mengaku-ngaku anak Arman Depari. Padahal Arman Depari ngakunya gak punya anak perempuan. Karena jarang banget nonton tv, jadi kudet lah saya. Iseng-iseng aja saya ketik Arman Depari dan jeng-jeng keluarlah laman-laman dengan berita ngehits gadis remaja si pencatut nama Arman Depari.

26

So, itulah yang disebut dengan kata kunci. Kata yang sering kamu ketikkan di kotak mesin pencari. Semakin berkaitan dengan kata kunci, semakin tinggi peringkatnya. Saran saya, sisipkan kata kunci target kamu di judul, URL dan di dalam konten kamu.

#3 Judul Halaman yang Menarik

Yang wajib kamu sisipkan dalam setiap judul halaman adalah judul sesuai dengan target kata kunci kamu. Ditambah judul asyik yang mendorong orang untuk mengklik tuh judul dan membaca kontennya sampai habis.

Mesin pencari akan menawarkan beberapa pilihan laman untuk kita. Iya kan? Biasanya nih kita bakal pilih salah satu dari beberapa laman yang ditampilkan. Kita milih satu laman lebih sering karena tertarik dengan judulnya.

#4 URL Singkat dan Deskriptif

Apakah bentuk dari URL kamu semacam ini?

  • panduanim.com/?p=94

Segera ganti! Karena alamat URL yang baik adalah yang mendeskripsikan kontennya dan mengandung keyword utama seperti contoh di bawah ini.

  • Halaman produk tentang mobil bekas BMW > domain.co.id/mobil/bekas/bmw/

27#5 Meta Description Pengundang Klik

Semakin banyak yang klik, semakin baik peringkat websitemu di hasil pencarian mesin pencari. Lihat yang saya lingkari tersebut! Kalau disediakan beberapa pilihan laman seperti di samping, orang akan cenderung memilih judul dan meta description yang menarik.

So, buatlah meta description yang menarik dan mengandung kata kunci target.

#6 Gambar yang Ideal untuk Halamanmu

Pastikan kontenmu menarik! Isinya artikel aja? Orang-orang pasti gliyengan bacanya. Halaman websitemu bakal lebih asyik kalau isinya lengkap!

Ada gambar dengan ukuran yang ideal. Ideal di sini maksudnya berkualitas. Tidak ngeblur, tidak terlalu besar sehingga memberatkan halamanmu ketika di load. Tambahkan juga kata kunci target pada atribut alt ketika mengupload gambar tersebut. Yang lebih penting lagi adalah pilih gambar yang sesuai dengan konten yang kamu rancang!

#7 Tambahkan Referensi Berupa Link ke Website lain

Orang butuh kepercayaan terhadap suatu informasi.  Di sinilah kamu harus memanfaatkan sumber terpercaya berupa link ke website lain. Agar website kamu terlihat lebih kredibel.

Contoh nyatanya adalah buku pelajaran kamu waktu masih sekolah. Di halaman belakang pasti dicantumkan daftar pustaka kan? Nah, si penulis menunjukkan kalau buku yang ditulis itu meyakinkan karena mencantumkan beberapa referensi.

#8 Link Antar Halaman Memudahkan Navigasi Pengunjung

Internal Link atau link antar halaman adalah akan memudahkan pengunjung untuk berkunjung ke halaman lain di website kamu. Kenapa harus memakai link antar halaman?

Hal ini ada kaitannya dengan bounce. Bounce adalah ketika seorang landing di halaman kamu, dan langsung kembali tanpa melakukan apapun. Nah, dengan memanfaatkan internal link ini pengunjung akan lebih mudah berselancar di website kamu.

16#9 Share ke Sosial Media

Manfaat yang websitemu dapatkan ketika kamu berbagi ke sosial media:

  • Pengunjung ekstra
  • Website lebih populer
  • Bertambahnya kepuasan pengunjung
  • Backlink dari pengunjung

Semakin banyak yang mengenal website kamu, semakin banyak pula orang mengetikkan nama website kamu di mesin pencari. Nah, itu dia kuncinya! Mesin pencari akan menganggap bahwa website kamu oke punya!

Segeralah pasang tombol share di website kamu!

#10 Kecepatan Respon

Pengunjung itu paling males kalau nunggu! Loh kok tahu? Iya kan saya pengunjung juga. Mesin pencari memberikan banyak pilihan laman untuk setiap kata kunci yang kita ketikkan. Ketika saya ngeklik satu halaman dan ternyata loadingnya lama , untuk apa saya nunggu?

Masih ada banyak pilihan yang disediakan! Ini dia 3 hal yang mempengaruhi kecepatan:

  • Kualitas hosting yang kamu pakai
  • Jumlah file .js dan .css di <head>
  • Ukuran halaman yang terlalu besar dan mengganggu pengunjung

 

 

 

 

Advertisements