Riset Kata Kunci


Riset kata kunci membuat website kita lebih hidup! Membantu membuat halaman kita muncul di hasil pencarian dan membuat orang mencari kita. Mencari kita dengan mengetikkan kata kunci target kita! Apakah itu perlu? Tentu saja itu perlu. Ada beberapa tool yang bisa membantu kita untuk melakukan riset kata kunci. Dan, kali ini saya akan mengajarkan pada kalian riset kata kunci melalui Google Keyword Planner.

28

Kalau sudah punya Gmail, kamu bisa langsung sign in dan masuk ke halaman seperti berikut. Lalu pilih menu yang saya lingkari.

Berikutnya, kamu isi saja bagian-bagian yang sudah saya kasih nomor urut. Mulai dari kata kunci target, kategori produk, negara dan bahasa sasaran dari website, keyword filter (berapa banyak pencarian per hari, persaingan – tinggi, medium, rendah), dan get ideas!

31

Selanjutnya kita akan diarahkan satu halaman di mana kita bisa melihat persaingan dari beberapa kata kunci. Nah, sekarang kita bisa lihat bahwa ‘mobil bmw bekas’ ada 1000 pencarian dengan persaingan medium. Misalnya saya ganti dengan bmw bekas ada 1300 pencarian dengan persaingan yang sama-sama medium.

32

 

Seperti inilah dasar dari riset kata kunci yang harus kamu pahami.

 Apa itu Long Tail Keyword?

Kita tidak hanya disuguhkan satu atau dua kata kunci setelah ngeklik get ideas! Ada beberapa kata kunci lain seperti mobil bmw, harga mobil bmw, harga bmw, harga mobil bmw bekas.

Jika kita mengoptimasi untuk harga mobil bmw bekas maka total pencariannya adalah 2000 pencarian. Tapi, satu hal yang penting dan harus diingat! Harus relevan dengan konten yang kamu rancang.

 

Advertisements