Content Marketing


Content Marketing merupakan bagian terpenting dari dalam setiap strategi SEO. Rancangan konten marketing yang tepat dipadu padankan dengan optimasi mesin pencari akan menjadi kunci sukses kamu dalam meengembangkan bisnis online.

Terus, apa sih content marketing itu sendiri? CM merupakan Upaya pemasaran yang kamu lakukan dengan menampilkan konten yang mumpuni untuk pengunjung. Tujuannya ya supaya orang-orang mengenal bisnis yang sedang kamu kerjakan. Misalnya nih, saya jualan aksesoris dan baju-baju selera K-pop. Saya berbagi konten mengenai drama korea terbaru, lagu-lagu K-pop paling cocok didengarkan di awal tahun 2016, cemilan khas ala Korea yang paling sering muncul di dramanya sampai gosip terbaru artis-artisnya.

So, orang-orang akan datang ke pencarian tersebut dan jeng-jeng! Ketemulah dengan website jualan produk-produk KPop.

OliviaSafitri

Konten terbaik adalah informasi yang berbobot dan memberikan pengalaman untuk pengunjung.

Setelah kita mengetahui bahwa konten yang berkualitas memberikan peranan penting untuk optimasi SEO, jadi sekarang kita bisa mengacu pada beberapa poin di bawah ini untuk membuat konten yang bermutu.

#1 Mutu itu Nomor Satu

Siapa yang mau beli barang murahan? Angkat tangan! Barang apapun yang mau dibeli, orang pasti mencari yang punya kualitas. Kita punya duit untuk apa beli barang murahan yang fiturnya tidak bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang?

Sama dengan konten yang kita bagi di website. Kalau ada mutu akan selalu ada yang mau baca. Google pun akan segera bertindak dan menaruh kita di halaman pertama hasil pencarian. Untuk apa pengunjung membuang waktu berharganya dengan menikmati konten yang tidak bermutu?

#2 Jumlah Konten Tidak Terlalu Penting

Jangan asal dalam membuat konten hanya karena kamu ingin terlihat profesional dengan memenuhi isi website. Karena seseorang yang handal dalam hal SEO menyatakan bahwa semakin banyak konten yang kamu buat, semakin rendahlah kualitasnya.

Bukan soal jumlah yang penting! Tapi kualitas dari tiap konten yang kamu kerjakan.

#3 Mesin Pencari Me-rangking Halaman, Bukan Website

Membuat 1 konten dengan mutu juara itu jauh lebih baik dibandingkan dengan membuat beberapa konten dengan topik yang sama secara asal-asalan. Karena kuantitas itu tidak mempengaruhi. Tapi, hanya satu halaman dengan kualitas terbaiklah yang akan ditampilkan pada hasil pencarian Google.

34#4 Kualitas Saja Tidak Cukup

Mesin pencari tidak bisa menentukan secara langsung apakah konten kamu berkualitas atau tidak. Mereka membutuhkan faktor lain yaitu, kepuasan pengunjung.

So, yang harus kamu lakukan setelah selesai merancang satu konten adalah memberitahu orang-orang tentang keberadaan kontenmu.

#5 Penerapan Kata Kunci

4 hal yang wajib kamu hindari terkait dengan penerapan kata kunci adalah sebagai berikut:

  • Keyword stuffing – pemakaian kata kunci yang sama secara berulang-ulang pada satu halaman. Mungkin kamu mengira bahwa dengan melakukan hal ini, mesin pencari akan berpikir bahwa konten ini relevan dengan kata kunci. Faktanta tidak!
  • Keyword umum – asal saja menerapkan kata kunci umum dan tidak peduli dengan tujuan pencariannya.
  • Tanpa keyword – kalau volume pengunjung kamu tidak bertambah secara signifikan, padahal kamu merasa sudah mempublikasikan banyak konten. Itu berarti kamu butuh KATA KUNCI!
  • Persaingan internal – seringnya nih 1 website hanya muncul satu kali dalam hasil pencarian. Kalau kamu mengincar kata kunci utama yang sama untuk beberapa konten maka yang terjadi adalah persaingan internal halaman. Pastikan untuk setiap konten menarget kata kunci utama yang berbeda.

Apa itu search intent?

Apa sih yang sebenarnya dicari sama pengunjung yang mengetikkan “beli mobil bmw bekas” di mesin pencari?

  • artikel mengenai cara beli mobil bmw bekas
  • video tips membeli mobil bmw bekas
  • toko online menjual bmw bekas

Otomatis dia mencari poin yang ketiga. Jadi, akan sangat percuma kalau kamu menarget kata kunci “beli mobil bmw bekas” untuk konten berupa artikel. Dan, sia-sia saja. Halaman artikel kamu tidak akan mendapatkan rangking oke di mesin pencari.

Pahami benar maksud dari kata kunci target kamu!

Kalau pengunjung membutuhkan konten, Google akan menyiapkan konten. Tapi, kalau mereka ingin membeli suatu produk, ya jelas halaman penjualan lah yang bakal ditampilkan di halaman utama hasil pencarian.

 

 

 

 

 

 

Advertisements