Link Building Bermutu untuk Menaikkan Rangking dan Menyabet Traffic


Link building adalah upaya untuk membangun backlink dari website lain menuju ke website kamu. Ingin websitemu rame dikunjungin? Solusinya kamu harus menempati posisi paling atas untuk hasil pencarian. Dan, salah satu cara untuk mendapatkan ‘good ranking’ adalah dengan backlink!

Quality-Link-Building-Link Building Bermutu untuk Menaikkan Rangking dan Menyabet TrafficIt may be easy, but it’s still possible!

Itu adalah moto saya untuk mendapatkan link. Iya, tidak mudah memang mendapatkan link. Karena Google dan teman-temannya memberikan beberapa aturan dalam menyeleksi backlink. Backlink itu wajib:

Alami dan berkualitas

Untuk bisa mendapatkan backlink yang natural dan bermutu kamu gak bisa asal. Ada teknik dan strategi yang wajib kamu pelajari.

Perubahan dalam Link Building

Udah baca Strategi Link Bulding yang Tergolong Dosa Besar? Kalau udah, berarti kamu wajib menghindari tindakan-tindakan tersebut. Karena penalti dari Google adalah hukumannya. Selain dosa besar di atas, kamu sebagai pemula juga wajib menjauhi strategi link building yang disebut dengan black hat.

Inilah beberapa tindakan yang tergolong black hat:

  • Private blog network
  • Redirect 301
  • Guest blog secara massal di website berkualitas rendah
  • Submit artikel ke direktori & Press Release
  • Web 2.0 yang hanya berisi 1-2 post
  • Membeli backlink (menggunakan jasa backlink)
  • Linkwheel, pyramid, dan tiered link
  • Spam di forum
  • Spam komentar blog
  • Submit ke social bookmarking secara massal

Kalau itu semua larangan,, terus anjurannya mana??

Tenang, kita bahas one by one. Tetep sehat, tetep semangat, supaya kita tetep lanjut nyelesaiin ni tugas. hehehe – selingan.

ALAMI DAN BERMUTU!

Alami berarti diberikan secara ikhlas dari pemilik website lain. Bukan dari spam atau submit otomatis! Nah, kalau bermutu berarti backlink itu berasal dari website dengan reputasi baik dan yang masih rajin membagikan konten.

Susah gak sih bisa mendapatkan backlink sukarela dari pemilik website lain? Awalnya saya berpikir susah susah gampang. Kalau konten yang kita ciptakan memang bernilai dan bisa memberikan pengalaman unik bagi pengunjung, maka backlink sukarela mudah mudah saja. Tapi, kalau konten kita isinya standar aja? SUSAH bisa dapat backlink.

Nah, sekarang kita cari teknik untuk mendapatkan backlink secara ikhlas dari pemilik website lain. Satu backlink untuk masuk halaman satu! Kita tidak membutuhkan banyak backlink.

Strategi yang saya share berikut tidak berlaku secara instan! Semuanya butuh proses. Bahkan mi instan sekalipun, harus rebus air dulu kan?

14 Cara Menggaet Backlink Bermutu untuk Websitemu!

#1 Konten berkualitas adalah pondasi

Suatu hari di negeri antah berantah bertemulah si Acong dan si Acing yang lagi asyik membahas satu obat pembasi ‘keloyoan’.

Acong: “Nih kamu pake aja obat sontoloyo produksi pabrik nyonya meniren”

Acing: “beneran manjur?”

Acong: “ampuh membasmi keloyoanmu menghadapi dunia mblow”

Acing: “cocok untuk jomblo juga?”

Acong: “udah yakin aja. Aq udah coba dan hasilnya…hemm, jempol!”

Acing: “h.m ..h.m aq cobain deh! Pantes aja semangat kamu tambah kinclong sekarang kaya abis diamplas”.

Kita akan merekomendasikan ‘sesuatu’ pada orang lain, kalau kita yakin akan manfaatnya. Semacam itulah perumpamaannya. Tapi, rekomendasinya juga jangan asal. Rekomendasi haruslah berasal dari website yang terpercaya (aktif dan reputasi baik).

  • Konten berkualitas bisa masuk halaman 1 dengan sedikit backlink
  • Konten tidak berkualitas, mustahil, meskipun backlinknya banyak

Orang rela merekomendasikan halaman kita di websitenya itu karena menyangkut 4 hal berikut:

  1. Isinya tidak murahan, tidak standar. Lain dari yang lain meskipun memiliki konten yang sejenis
  2. Topiknya nyenengin banyak kalangan dan selalu membuat mereka antusias
  3. Menuntaskan masalah yang dihadapi pengunjung
  4. Dibungkus rapi dan menarik! Kontennya mudah dinikmati

#2 “Minta” kepada pemilik website

Minta-minta kaya gembel aja! Hush!

Minta di sini jangan dikonotasikan negatif ya. Minta dalam arti mengemis memang kaya gembel. Di sini kita akan minta-minta secara terhormat!

Sekarang coba pilih satu halaman di website kamu. Dan, pikirkan

“apakah ada orang yang mau merekomendasikan konten ini?”

“misalnya kamu ketemu konten semacam ini di sosmed bakal kamu baca?”

Pemilik website lain akan merekomendasikan halaman website kamu kalau: Isinya keren abis! dan Mereka kenal sama kamu.

Jadi, sebelum melakukan permintaan backlink, yang wajib kamu lakukan adalah menjalin hubungan baik dengan pemilik website tersebut. Caranya? Yuk kita bahas step by step.

  • Cari dan temukan beberapa pemilik website dengan topik yang sama atau setidaknya mirip. Website targetmu harus lebih populer dan dikelola secara aktif.
  • Temukan kontak dan akun jejaring sosialnya.
  • Sampaikan komentar bermutu tiap kali ada artikel baru, tweet dan bagikan artikel mereka, terus coba deh sok akrab untuk memulai percapakan via sosmed, pasang link ke konten mereka.
  • Bangun keakraban dengan mereka.

Menjalin pertemanan haruslah bisa memberikan keuntungan satu sama lain. Jadi, untuk bisa menjadi teman dari pemilik website yang sukses, kamu harus membantu mereka terlebih dahulu.

#3 Broken Link Building

Broken link berarti link dari satu halaman website ke website lain yang sudah mati. Pas kamu klik link tersebut, kamu akan menemukan bahwa halaman sudah tidak ada. Karena domainnya kadaluwarsa, salah tulis, artikel sudah dihapus sama pemilik dan lain-lain.

Nah, tugas kamu sekarang adalah mencari broken link dari website lain. Selanjutnya, kita bantu mereka memperbaiki tuh broken link dengan menawarkan website kita sebagai pengganti.

Nih saya kasih aja contohnya. Misalnya si Fulan posting satu konten di websitenya dengan judul “cara menanak nasi yang pulen”. Di dalam konten tersebut, dia menyisipkan satu link menuju website lain tentang “cara menanak nasi merah”. Eh, pas pengunjung coba klik tuh link, ternyata halamannya rusak!

Kita manfaatin aja! Buat satu artikel dengan tema yang sama dari broken link tadi. Ingat ya, buat artikel yang lebih baik dari aritkel lama di broken link tadi.

Silahkan cek ke Wayback Machine untuk melakukan pemeriksaan isi dari broken link tadi. Selanjutnya, hubungi pemilik website tadi dan beritahukan bahwa ada link yang rusak. Sebagai gantinya, tawarkan link artikel kita.

#4 Resource Link Building

resource linkKalian pasti sering lihat judul halaman yang jenisnya seperti ini:

“10 drama korean terpopuler 2016”

“7 penyebab badan menjadi kurus”

“13 cara memanggil setan”

Saingan kamu banyak! Iya, sudah ada banyak blogger yang menulis artikel serupa di mana topiknya plek dengan website kamu.

Artikel-artikel semacam tersebut sudah banyak menampung link ke website lain, jadi kalau ada 1 penambahan link lagi harusnya tidak masalah. Mereka malah bakal suka kan karena bertambah lagi koleksi linknya?

Ikuti petunjuk ini untuk membangun resource link:

  • Hubungi pemilik website tersebut kalau kategori website kamu cocok dengan artikel mereka.
  • Beritahu mereka bahwa kamu punya blog yang sejenis, dan minta mereka untuk menikmati artikel kamu dan menambahkan website kamu ke daftar.
  • Berikan deskripsi singkat kalau perlu untuk mempermudah pekerjaan mereka.

#5 Amati backlink dan strategi kompetitor

Manfaatkanlah salah satu layanan berikut Open Site Explorer, Ahrefs, Majestic SEO, OpenLIinkProfiler atau SEO Spy Glass untuk mengintip backlink website kompetitor.

Apa sih gunanya kita intip-intip backlink website lain? Hey, gini loh penjelasannya. Dengan melihat backlink yang mereka gunakan, kamu akan mendapatkan info backlink berkualitas. Biasanya ada beberapa backlink yang bisa kamu tiru.

Dari hasil yang ditampilkan biasanya ada yang berasal dari website, blog atau forum tertentu. Nah, dari situ kamu bisa ikut nimbrung dan berpartisipasi untuk mencoba mendapatkan link di website yang sama. Teknik seperti ini cukup berefek! Tapi, yang wajib kamu perhatikan adalah link jenis spam, hindari website dengan kualitas yang kurang meyakinkan apabila kamu tidak pingin mendapatkan resiko.

#6 Website direktori yang bersih dari spam

Ciri-ciri website direktori yang wajib kamu hindari adalah direktori dengan topik yang terlalu beragam, tidak ada seleksi penerimaan, sepi pengunjung dan sebagian besar website yang ada di sana juga tidak jelas asal-usulnya.

Direktori yang melakukan moderasi dengan ketat agar website yang terdaftar di sana juga berbobot dan memiliki topik yang tepat. Nah, pas kamu lagi jalan-jalan di dunia internet dan menemukan website direktori semacam ini, cobalah untuk mendaftarkan website kamu.

Kalau kebetulan website kamu adalah website bisnis, berarti kamu beruntung! Karena kebanyakan direktori yang bagus adalah direktori bisnis.

Berikut satu contoh website direktori yang bisa kamu coba situs.web.id atau kafe bisnis.

#7 Guest blogging untuk meraih traffic

Kalau kamu adalah pemain pemula, otomatis website kamu sepi pengunjung! Untuk membuat orang ngeh dengan keberadaan websitemu syaratnya cuma satu. Datanglah ke tempat ramai alias nimbrung ke website yang sudah banyak pengunjungnya dengan cara guest blogging.

Hasil-guest-blogging-dari-1-post

Gambar yang saya ambil dari website pencerahan panduanim.com ini menjelaskan bahwa hanya dengan 1x guest blogging, kita bisa mendapatkan backlink yang berkualitas. So, peringkat kita akan langsung naik.

Dan, kelebihan dari teknik ini adalah menguntungkan kedua belah pihak. Pemilik dari website akan menerima kita sebagai guest blogger asalkan, konten yang kita terjamin kualitasnya.

Setiap teknik ada kelemahan dan kelebihannya. Untuk yang satu ini kamu harus waspada terhadap beberapa hal berikut ini.

  • Melakukan guest blogging di website yang sengaja dibuat hanya untuk menampung guest blogging.
  • Menggunakan jasa penyedia guest blogging. Ada beberapa website yang menjual layanan guest blog dan menawarkan kita artikel dengan kualitas oke.

Untuk melakukan guest blogging, pertama kita harus mencari website yang menerima tamu dengan topik tertentu. Caranya mudah saja tinggal kamu ketikkan keyword berikut tanpa tanda petik ya:

  • ‘topik’ guest post
  • blogger tamu ‘topik’
  • ‘topik’ guest blog
  • postingan tamu ‘topik’
  • ‘topik’ write for us

Contohnya: “blogger tamu on page seo”

Segera hubungi pemilik website jika sudah ketemu website targetmu! Beberapa blog mungkin tidak mencantumkan menerima guest blog. Tapi, kamu bisa coba dengan menghubungi langsung pemilik website tersebut. Kumpulkan minimal 5 – 10 website dengan topik yang serupa dengan milik kamu. Dan, kontak mereka satu per satu.

Kamu harus segera menghubungi pemilik website jika menemukan website dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Cukup umur, lebih dari 1 tahun
  • Memiliki topik yang relevan dengan websitemu
  • Memiliki traffic tinggi, bisa kamu cek di Alexa atau SimilarWeb
  • Cek kolom komentar atau akun sosialnya untuk melihat antusias pengunjungnya
  • Konten berbobot dan desain menarik

ego bait#8 Pikat perasaan dengan konten ego bait

Cobalah untuk membahas seseorang/usaha/organisasi dalam konten yang kamu buat. UMPAN! Fungsinya adalah untuk menarik pemilik website lain dengan umpan dari kamu. Buat mereka senang/bangga, kemudian promosikan konten kamu di websitenya dalam bentuk link maupun mention di sosmed.

Kamu bisa mencoba menerapkan salah satu ego bait ini:

  • Konten berbentuk kumpulan website (“13 blog gosip terupdate 2016”)
  • Konten daftar artikel terbaik dalam satu topik
  • Membahas kesuksesan/kisah orang tertentu dalam satu artikel

Konten yang positif, berbobot dan bermanfaat bagi orang lain adalah 3 hal yang harus kamu penuhi untuk membuat ego bati yang jitu.

#9 Pancing perhatian dengan konten link bait

Kalau ego bait, kita memberikan umpan terkait dengan perasaan (senang/bangga). Sedangkan link bait adalah kita membuat konten dengan format apapun yang bisa memancing banyak orang sehingga kemampuannya menarik backlink dari website lain pun bisa tinggi.

Konten semacam ini yang bisa kamu contek terkait penerapan link bait:

  • Kontroversial yang bakal menjadi pembicaraan banyak orang
  • Interaktif, menghibur. Seperti game, kalkulator atau kuis
  • Analisa lanjut atau opini mengenai berita yang sedang IN
  • Kontes
  • Panduan super lengkap yang membuat orang selalu ingat dengan konten kamu ketika dibahas
  • Sajian hasil analisa/penelitian

#10 Manfaatkan content sharing platform

Kita manfaatkan website-website di atas untuk bisa mendapatkan traffic. Memang tidak memberikan manfaat SEO secara langsung, tapi mereka tergolong media ampuh untuk mendongkrak popularitas konten kita. Selain berupa link, kamu bisa mendapatkan pengunjung.

Rumusnya adalah lebih baik mengirim 1 konten yang berkualitas daripada ribuan konten yang tidak berbobot. Karena jika kamu melakukan hal tersebut, bisa dianggap spam dan akunmu bisa langsung lenyap.

#11 Buat konten yang berpotensi viral

Jadilan orang yang kreatif! hehehe. Pemaksaan ini mah namanya. Iya, buatlah gambar, video atau musik yang kreatif sehingga berpotensi menjadi viral.

Ledakan pengunjung, jumlah share meningkat di media sosial dan menggaet backlink itu bisa kamu dapatkan kalau konten kamu populer! Pada umumnya 1 konten viral sudah cukup untuk membuat sebuah website jadi populer.

contoh infografis

Infografis seperti gambar di bawah ini lebih sering mudah menjadi viral jika dibandingkan dengan artikel biasa.

Pastikan kamu sudah menyiapkan tombol share di websitemu dengan memanfaatkan gambar/foto yang menarik serta menggunakan meta Open Graph dan Twitter cards.

#12 Forum marketing, bukan forum spamming!

Forum merupakan tempat untuk belajar. Kalau kamu share spam di sana, udah pasti kamu tidak akan disukai sama mereka.

Berbagilah manfaat di forum-forum tersebut. Kalau sudah ada konten kamu yang bisa membantu proses belajar mereka, gunakan kesempatan ini untuk melakukan promosi website. Karena kamu sudah membantu mereka, otomatis kamu punya reputasi yang baik. Begitu juga dengan website kamu.

Tahapan memanfaatkan forum adalah seperti ini:

  • Cari forum yang sesuai dengan topik utama kamu
  • Buatlah akun yang serius lengkap beserta data dan foto
  • Berikan mereka manfaat terhadap keberadaan kamu. Seperti, jawaban lengkap dari setiap pertanyaan anggota forum.
  • Sebar manfaat selama beberapa hari sampai mereka mengenalmu.
  • Setelah itu, sesekali sisipkan link website kamu di sana

#13 Dapatkan link dari brand mention

Selanjutnya kita pakai teknik brand mention. Misalnya kamu punya brand atau website bernama “Toko Maju Tak Pernah Mundur”.

Nama website ini sudah dikenal dan ada beberapa website yang menyebut nama tersebut. Ini disebut dengan brand mention. Yang merupakan link pasif dan tidak bisa di-klik. Hanya berupa teks. Hubungi mereka untuk mengubah teks tersebut menjadi aktif alias backlink.

Tingkat keberhasilan dari teknik ini sangat tinggi. Karena mereka sudah menyebut nama website atau brand kita di konten mereka, jadi mereka tidak akan keberatan untuk menggantinya dengan link aktif. Tool yang bisa membantu kamu untuk menemukan brand mention adalah:

Manfaatkan salah satu tool di atas untuk menyaring email setiap kali seseorang di internet menyebutkan brand kamu. Sekarang kita coba untuk menggunakan Mention.

mention backlink link buildingKalau belum punya akun, silahkan lakukan sign up. Setelah itu kita akan diarahkan ke menu seperti berikut.

Di antara 3 pilihan di bawah ini, kita pilih salah satu. Pilih My company jika kamu ingin memonitor websitemu sendiri. Atau Competitor untuk website lain yang sejenis denganmu. Saya akan mencoba mencotohkan dengan memonitor website kompetitor.

2

backlink

Pilih bahasa Indonesia untuk website berbahasa Indonesia. Jika kamu sering mendapatkan tweet dari Twitter, sebaiknya untuk source dari Twitter di non-aktifkan saja.

mention backlink

Ada 1 mention untuk hasil pencarian panduan im. Contoh tersebut adalah mention tanpa link. Jadi, panduan im bisa menghubungi pemilik website tersebut untuk menggantinya dengan link aktif.

#14 Manfaatkan jasa SEO . . .

Jasa SEO di sini adalah penjual jasa layanan yang ASLI! Mereka tidak menawarkan ratusan atau ribuan backlink, tapi menawarkan optimasi secara keseluruhan. Mulai dari marketing, publikasi online, pembuatan konten dan optimasi struktur halaman.

Intinya mereka mempersiapkan website kamu untuk menerima backlink.

Pastikan Kualitas Backlink

Fiiiuuuh.. panjang bener ya penjelasannya. Ruar biasa.. butuh 2 hari untuk meringkas sekaligus memahaminya. Gak apa-apa. Kata Aristoteles . . .

Akar dari ilmu itu pahit, tapi buahnya manis!!!

Inilah ringkasan dari kualitas backlink:

  • Sesuai dengan topik website kamu
  • Ingat! Reputasi website tempat backlink dipasang
  • Pengunjung aktif atau pasif?
  • Potensi website tersebut terkena penalti
  • Bahasa yang digunakan

Larangan memasang backlink di suatu website jika:

  • Pemilik website mengajak bertukar link langsung
  • Harus membayar
  • Konten terlarang (pornografi)
  • Link muncul otomatis tanpa seleksi (untuk direktori)

Selain ringkasan di atas, panduan im juga memberikan beberapa tips yang pasti bermanfaat untuk kita, seperti:

  • Bangun link ke konten
  • Manfaatkan anchor text yang bervariasi dan natural dari nama website, kata kunci dan frase umum (Hindari – “klik disini” dan “website ini”)
  • Gunakan konten berbobot untuk guest blog dan content sharing platform.
Advertisements