Off Page SEO untuk Membangun Link dan Popularitas


Semua upaya optimasi mesin pencari yang kamu lakukan di luar websitemu. Iya, itu adalah Off-Page SEO. Kamu membutuhkan off – page SEO karena on – page SEO saja tidak cukup untuk membuat website kamu muncul di halaman utama hasil pencarian Google.

Backlink, Kenapa itu Penting?

Off Page SEO untuk Membangun Link dan PopularitasHubungan antara mesin pencari dan link sangatlah erat. Ya, mirip-mirip saudara kandung lah. hehehe. Seperti ini hubungannya.

Mesin pencari semacam Google memiliki sebuah bot dengan tugas melakukan crawling di internet. Crawler milik Google namanya Googlebot.

 

Nah, si ggooglebot ini berkeliling dari satu website ke website lain melalui link yang ada di halaman website. Dia mengumpulkan data yang kemudian disusun dalam bentuk index. Dan, muncullah peringkat website.

Kalau website kamu mendapatkan link dari website luar otomatis akan mendapatkan prioritas tinggi dari Google. Karena Googlebot menggunakan link sebagai navigasinya. Inilah alasan kenapa backlink (link dari website lain) itu punya andil untuk membuat website kamu juara.

Strategi Link Building yang Tergolong Dosa Besar dalam SEO

Off Page SEO untuk Membangun Link dan PopularitasWaduh dosa besar? Bahaya nih harus disimak. hehehe..tenang, tenang. Dosa besar yang satu ini gak bakal bikin kamu masuk neraka. Tapi, kamu bisa dapet punishment dari Google.

Ada banyak orang yang pingin dapet rangking oke di Google, tapi ogah-ogahan bikin konten bermutu dan melakukan pemasaran. Ya, mereka cuma ngandelin link building doang.

Padahal, link building adalah penopang konten website jadi kalau tidak bisa menampilkan konten yang berbobot, alangkah baiknya kalau kamu tidak utak atik tuh si link building.

Ini dia yang dimaksud dosa besar terkait link building.

  • Bertukar link. Biasanya nih kalau udah saling kenal dengan pemilik website yang setopik, joinan link.Tapi, nyatanya hal tersebut tidak memberikan manfaat secara langsung.
  • Membeli link & menggunakan jasa backlink. Udahlah, namanya juga cara licik! Bisa naikkan rangking kita dengan cepat, tapi gak bakal long last.
  • Komentar di blog & forum. Yang satu ini saya sebutnya spam! Mereka memanfaatkan lahan komentar untuk promo linknya, tapi sebenarnya itu sangat mengganggu pengunjung yang lain. Dan, yakinlah kegiatan seperti ini gak bakalan digubris sama mereka.
  • Auto-approve link. Segala bentuk link yang tidak melalui moderasi dari pemilik website. Artinya link tersebut langsung muncul ketika anda memasukkan alamat website anda.
  • Menggunakan software bot. Ada semacam tool yang bisa mendapatkan link secara otomatis. Mau coba? Jangan! Kualitasnya rendah dan bisa merusak website kamu.
  • Private Blog Network. Satu orang dengan koleksi beberapa blog dimana blog sampingannya dijadikan sumber backlink untuk website utama.
  • Spam. Spamming tidak pernah memberikan manfaat positif untuk kamu! Orang lain akan sangat terganggu dengan adanya spam ini.

Apa sih Hubungan antara Konten dan Backlink?

Konten identik dengan on page

Link identik dengan off page

Terus apa hubungan mereka? Teman kah? Bukan! Mereka lebih dari sekedar teman. hehehe..mulai ngaco nih. Berikut saya jelaskan detil kaitan antara konten dan link.

NILAI! MUTU! MANFAAT MAKSIMAL! Kalau konten yang kamu bagikan bernilai, maka orang akan berkenan memberikan link untuk kamu.

Membuat konten yang bisa menggerakkan tangan orang agar mau memberikan link untuk kamu kuncinya ada di kualitas! Setelah mengantongi kualitas, sikat dengan pemasaran konten! Ringakasnya, content marketing adalah adalah sumber backlink istimewa untuk kamu.

Social Media dan Off Page SEO

IMPORTANT!

Itulah satu kata yang menggambarkan media sosial dan off page seo. Meskipun tidak memberikan dampak secara langsung, tapi memanfaatkan media sosial sangatlah penting untuk kemajuan website kamu. Kemajuan ini terkait ‘eksistensi’.

Sayang seribu sayang, konten ciamik tidak dibarengi dengan publisitas yang mumpuni. So, media sosial adalah tempat untuk membangun ‘eksistensi’. Orang lain akan melihat konten yang kamu bagikan. Mereka akan melakukan like, share dan sebagainya. That’s why, kamu harus manfaatin medsos kamu yang bejibun itu.

Faktor rangking off-page SEO

Off page SEO = Popularitas website

Untuk memberikan predikat populer pada satu website, Google memanfaatkan beberapa faktor. Yang paling utama adalah backlink! Eitss,, tidak sembarang backlink lho. Backlink yang memberikan dampak positif untuk website adalah:

#1 Kualitas backlink

Suatu backlink bisa dikatakan berkualitas kalau memenuhi beberapa syarat berikut ini:

  • Nama baik website
  • Keaktifan website
  • Kesamaan topik
  • Penempatan backlink dalam website
  • Dofollow & nofollow
  • Kesamaan bahasa
  • Umur backlink

Contextual link adalah backlink yang ditempatkan di dalam teks merupakan penempatan link terbaik. Hal ini dikarenakan Google membaca isi teks yang berada di link tersebut. Terus, mereka analisa deh dalam konteks apa link tersebut dipasang.

anchor text Off Page SEO untuk Membangun Link dan Popularitas#2 Anchor text dalam backlink

Website kamu akan mendapatkan poin ekstra jika memanfaatkan anchor text. Karena anchor text yang digunakan dalam link dibaca oleh mesin pencari sebagai keyword.

Tapi, kamu harus hati-hati jika menyisipkan anchor text. Karena penggunaan yang sama dan berulang-ulang akan terlihat tidak alami dan kurang kreatif. Serta bisa berdampak tidak baik untuk website kita.

Google pun hanya akan menghitung anchor pertama sebagai penilaian meskipun ada 2 link menuju websitemu dan mengandung anchor text yang berbeda.

#3 Jumlah backlink

Kualitas harus dibarengi dengan kuantitas. Intinya harus seimbang.

Sudah bisa mendapatkan satu backlink yang berkualitas? Harus ditambah dong jumlahnya. Semakin banyak backlink, ya semakin gaul!

#4 Keragaman backlink

Backlink itu jenisnya beragam. Contextual link, blog comment, profile, bio, widget, advertorial, directory dan masih banyak lagi. Kalau kamu terlalu sering menggunakan atau mendapatkan satu jenis backlink, efeknya kurang optimal.

That’s why, mesin pencari juga mengandalkan faktor ‘keragaman backlink’ untuk menilai website kita. Karena kalau backlink yang kita dapatkan alami, ya otomatis hasilnya beragam!

#5 Reputasi sosial

Google emang jenius! Dia bisa membaca ‘ke-sentimen-an’ pembaca di setiap komentar. Tentu saja, hal ini akan berdampak buruk bagi website kamu.

#6 Aktivitas sosial

Kamu aktif di website sosial seperti media sosial dan jejaring sosial, tapi website kamu gak aktif? Berarti kamu kurang gaul!

Kenapa? Karena aktivitas sosial suatu website bisa diukur dari seberapa banyak jumlah share ke jejaring sosial. Semakin banyak dishare, berarti semakin baik!

#7 Faktor personal pengguna

Google telah menerapkan personalized search, yang merupakan hasil pencarian dalam kata kunci sama bisa berbeda untuk masing-masing akun Google. Hal ini karena mendapatkan pengaruh dari:

  • Pernah tidaknya pengguna mengunjungi suatu website
  • Tingkat kepuasan pengguna mengunjungu suatu website
  • Negara dan bahasa pengguna
  • Apakah temannya pernah melakukan share untuk suatu website?

 

 

 

Advertisements