Bahaya Website Sepi! Baca Panduan Melakukan Keyword Research ini


Tujuan kita melakukan pengoptimalan SEO adalah untuk 3 hal berikut:

  • Mendapatkan pengunjung
  • Meningkatkan penjualan
  • Mendapatkan penghasilan

We get nothing without keyword research! Meskipun satu halaman website kita berada di halaman pertama hasil pencarian Google. Jadi, riset kata kunci ini sangatlah penting dilakukan ketika pertama kali kita membangun website.

keyword research3 kesalahan pemula yang harus kamu hindari mengenai kata kunci

#1 Pilih yang sepi atau laris manis?

Bangga dengan website kamu yang muncul di halaman pertama hasil pencarian? Emang udah banyak yang nge-klik? Jawabannya enggak! Masih sepi dan gitu-gitu aja.

Ini karena ada kata kunci yang sering dicari dan kata kunci yang sepi. Kalau kamu tidak melakukan riset terlebih dahulu, kemungkinan besar kamu akan menyisipkan kata kunci yang jarang dicari.

#2 Salah sasaran

Setelah membidik dan menyisipkan kata kunci utama dengan pencarian yang besar ternyata halaman tersebut bisa masuk ke halaman pertama hasil pencarian. Tapi, semakin kesini bounce ratenya makin tinggi. Tidak ada yang membeli produk kita? Nah loh gimana tuh!

Salah sasaran. Itu dia, kamu membidik kata kunci yang tidak tepat untuk halaman kamu. Pilihlah kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi dan tepat sasaran.

#3 Aji Mumpung!

keyword researchSi Fulan yang kebetulan ingin membangun toko baju online, membidik satu kata kunci ‘jual celana’ untuk halaman tertentu. Setelah dicari di google keyword planner ternyata ia menemukan beberapa kata kunci dengan volume pencarian yang lebih tinggi.

“Aji mumpung nih”, pikirnya

Salin semua kata kunci dan terapkan untuk beberapa halaman! Selang beberapa hari, kaget bukan kepalang dia. Hasilnya penalti dari Google! Karena keyword hampir sama dan artikel yang dibuatpun hampir sama. Pengunjung akan berpikir kalau artikel tersebut dibuat secara asal-asalan. Dan, tidak terlihat berkualitas.

Jadi, tanamkan dalam benak kamu:

Google Keyword Planner BUKAN tool untuk menemukan kata kunci baru

 

Advertisements