Yakin? Optimasi yang Kamu Lakukan Maksimal? Mengukur Kinerja SEO (Search Engine Optimization)


Search engine optimization merupakan usaha untuk memaksimalkan kinerja website supaya masuk di halaman pertama hasil pencarian. Kenapa kita harus masuk halaman pertama itu sudah dijelaskan pada materi-materi sebelumnya. Di sini, kita akan membahas hal yang lebih penting lagi. Yaitu mempertahankan!

Mencapai prestasi tertentu adalah hal yang baik. Tapi, lebih baik lagi kalau kita bisa mempertahankan suatu prestasi atau malah meningkatkannya. Itu dia kuncinya untuk mengukur kinerja SEO! Itu merupakan upaya berkelanjutan. Setelah kita bisa mencapai halaman pertama kinerja seohasil pencarian, selanjutnya kita harus tetap melakukan monitor untuk website kita.

Baik ketika melakukan optimasi maupun mempertahankan prestasi, terlebih dahulu kita harus mengetahui keadaan suatu website. Peningkatan, penurunan, ada di angka berada posisi website kita dan lain-lain. Dengan begitu tindakan yang diambil untuk perbaikan akan lebih optimal.

  1. On-page SEO : Optimasi halaman website
  2. Off-page SEO : Optimasi halaman website
  3. Prinsip content marketing dalam SEO

Kita sudah mengeksekusi 3 poin di atas! Tahap terakhir adalah EVALUASI. Untuk mengukur kinerja search engine optimization yang sudah kita terapkan, lakukan hal-hal berikut ini.

#1 Integrasikan Search Console dan Google Analytics

Kedua tool di atas harus kamu manfaatkan untuk menjadi praktisi seo yang handal. Pertama kamu harus menginstal Google Analytics. Kemudian lanjutkan dengan masuk ke Search Console dan tambahkan ke website kamu.

Kedua tool ini membutuhkan beberapa hari untuk melakukan analisa terhadap websitemu. Hasil analisa dari kedua tool inilah yang bisa kamu gunakan untuk melakukan optimasi lanjutan. Supaya website kamu lebih melejit!!!

Lakukan submit ke Seacrh Console untuk sitemap dalam format .xml kamu agar Google lebih mudah dalam membaca situsmu.

#2 Lakukan crawling dengan alat bantu

Mesin pencari selalu aktif menjelajah halaman-halaman website dan mengumpulkan informasinya. Inilah yang disebut dengan crawling. Kita akan menerapkan teknik ini untuk mengetahui keadaan secara keseluruhan dari suatu website. Apakah terjadi error, terdapat broken link, duplikat internal dan meta tag yang kosong.

Tool yang bisa kamu manfaatkan adalah:

  1. ScreamingFrog SEO Spider
  2. Wildshark SEO Spider
  3. BeamUsUp SEO Crwaling Software

Unduhlah softwarenya, kemudia lakukan scanning. Keluarlah hasil analisa yang bisa kamu manfaatkan untuk perbaikan.

#3 Riset kata kunci lebih lanjut

Kamu wajib menerapkan kata kunci di setiap:

  1. Judul
  2. Meta description
  3. Konten

Sebelum menentukan ‘A’ sebagai kata kunci utama untuk satu halaman tertentu, lakukanlah riset kata kunci terlebih dahulu. Dengan Google Keyword Planner tentunya.

#4 Analisa Performa Konten

Pengaruh konten terhadap SEO kurang lebih 80%! Pengunjung lebih menyukai konten yang memuaskan. Inilah kenapa mesih pencari mengutamakan website dengan konten yang memuaskan.

Sekarang, kita sudah menyerap ilmunya dari awal hingga akhir. Yang bisa kamu aplikasikan untuk dan lanjutkan dengan analisa performa.

 

 

Advertisements