Apa itu Long Tail Keywords?


Sudah pernah denger dong ya dengan istilah yang satu ini. Denger aja sih sering. Tapi, gak ngeh tuh sama pengertiannya. Sini deh deket-deket sama saya biar paham. hehehe.

Oke, long tail keywords adalah kata kunci turunan yang dikembangkan dari kata kunci utama yang kamu bidik. Misalnya kata kunci utama targetmu terdiri atas 2 suku kata, maka long tail keywords untuk kata kunci tersebut bisa lebih dari itu.

Ringkasnya, “long tail keywords adalah hasil transformasi dari kata kunci utama dan masih ada kaitannya”

Here is the example:

  • Kata kunci utama “search intent”
  • Longtail keywordnya “apa itu search intent”
    long-tail-keywordsAda 2 alasan kenapa kita bisa memanfaatkan longtail keywords:
  • Simple keyword / kata kunci yang simpel (short tail keyword) yang teridiri atas 1-2 suku kata pada umumnya di mesin pencari sudah didominasi  oleh situs-situs besar dengan reputasi yang sulit dicapai oleh pemula.
  • Pengunjung yang membutuhkan informasi spesifik lebih sering mengetikkan long tail keywords.

Pasti nih kamu pingin nyobain pake long tail keywords kan? Berarti di kepalamu sekarang terngiang-ngiang satu pertanyaan. Gimana ya caranya mencari long tail keywords? Tenang, sudah saya persiapkan di sini.

The way to apply long tail keywords:

  1. Ubersuggest. Manfaatkan tool ini untuk bisa menjaring kata kunci tersembunyi
  2. Google Webmaster Tools/Google Analytics
  3. Forum, Jejaring sosial, dan situs komunitas lain. Kita bisa mendapatkan ide untuk long tail keyword dari poin ini
  4. SEMRush bisa membantu kamu mengintip kata kunci organik dari website kompetitor

Kamu juga harus mengingat bahwa ada prioritas untuk setiap keyword yang kamu terapkan!

Ini merupakan prioritas berdasarkan jenis website:

  1. Blog informasi – volume, persaingan, intent
  2. Blog bisnis – volume, intent, persaingan
  3. Blog mikro – persaingan, intent, volume
  4. Toko online (e-commerce) – intent, volume, persaingan
  5. Jasa/layanan – intent, volume, persaingan

Setelah kita menemukan beberapa long tail keywords dengan bantuan tool, forum dan jejaring sosial, akan lebih baik lagi kalau kita menilainya dulu sebelum disisipkan. Terus long tail keywords seperti apa sih yang masuk kategori baik itu?

Long tail keyword yang bernilai tinggi biasanya memiliki ciri-ciri berikut:

  1. Volume pencarian per bulan tidak 0. Kalau keyword kamu berbahasa Inggris, pencarian per bulan sebaiknya di atas 880.
  2. Memiliki commercial intent. Baca lagi 4 jenis search intent kalau udah lupa!
  3. Persaingan enteng. Jangan salah loh! Gak semua long tail keywords mengandung persaingan rendah. So, pilihlah long tail keywords dengan tingkat pencarian tinggi, tapi persaingannya rendah.