Bagaimana Cara Meningkatkan Performa Keyword


Harapan tidak selalu sama dengan kenyataan. Riset keyword menampilkan hasil yang cakep, tapi pada nyatanya keyword yang sudah dipilih tidak begitu memuaskan. Itulah kenapa performa keyword suatu website harus diukur secara berkala. Karena apa? Karena dampak positifnya cukup untuk mengoptimalkan website kita.

Gunakan Google Analytics yang sudah dihubungkan dengan Google Webmasters Tool, lalu hubungkan kedua akun tersebut dengan website kamu untuk mendapatkan datanya.

Google Analytics

Sudah pernah lihat penampakan Google Analytics? Kalau sudah langsung saja buka akun website kamu di sana dan masuk ke:

#1 Menu Acquisition > Search Engine Optimization > Queries

#2 Pada bagian bawah, ubahlah ‘show rows’ dari 1 menjadi 500. Lalu export data dalam format Excel.

meningkatkan performa keyword

#3 Buka data yang sudah kamu unduh dengan Excel atau Spreadsheet. Buka sheet dengan nama Dataset 1. Beri tanda dengan highlight row (baris) 1 lalu aktifkan filter dari menu Data > Filter.

Keyword Planner

Selanjutnya kita arahkan perhatian ke keyword planner. File excel yang sudah kamu unduh tadi, salin semua data dalam kolom Queries dan pastekan dalam Google Keyword Planner sesuai cara di tahapan belajar keyword sebelumnya.

Setelah itu unduh data dari GKP dalam bentuk CSV. Copy data Avg. Monthly Visit dari CSV ini dan paste ke file Excel pertama kamu tadi di kolom kosong paling kanan.

Performa impresi

Tambah lagi satu kolom di bagian paling kanan dengan judul “Performa Impresi”. Masukkan formula untuk kolom ini Performa Impresi = Impression / Avg. Monthly Visit. Copy ke bawah (Abaikan saja yang Error – #VALUE!).

Ini dia performa kata kuncimu!

Semakin mendekati angka 1 berarti performa semakin cakep!

Tapi, semakin kecil angkanya berarti performa kata kuncimu kurang baik dan harus diperbaiki. Urutkan Queries berdasarkan Avg. Monthly Searches untuk menentukan prioritas.

Performa CTR (Click-Through Rate)

Posisi rangking 1 memberikan CTR yang lebih tinggi daripada posisi 2, dan seterusnya. Advanced Web Ranking sudah membuat grafik yang menunjukkan angka CTR untuk masing-masing posisi seperti yang bisa kamu lihat di gambar berikut.

meningkatkan performa keyword

Posisi 1 kira-kira mendapatkan CTR sebesar 32% dari pengguna desktop dan 30% dari pengguna yang mengakses secara mobile.

Hal ini berarti kalau website kamu berada di peringkat pertama, 32% orang yang melakukan pencarian akan mengunjungi website kamu.

Jadi, melalui data Excel tadi kamu bisa melihat nilai CTR untuk tiap keyword. Fokuslah pada keyword yang nilai Average Position-nya kurang dari 5. Sesuaikan dengan grafik di atas. Kalau nilai CTR kamu lebih rendah dari grafik, berarti performa keywordmu kurang baik.

Meningkatkan performa keyword

Setalah melakukan analisa performa keyword, kita bisa mengetahui beberapa hal seperti

  • keyword mana yang performanya kurang baik
  • keyword mana yang berpotensi tapi kurang optimal
  • penggunaan judul sudah baik atau belum

Saatnya perbaikan!

Balik lagi ke istilah relevansi. Jadi, untuk meningkatkan performa impresi kamu harus meningkatkan SEO dan tingkat keterkaitan website kamu dengan kata kunci. Caranya adalah dengan:

  1. Perbaikan halaman yang sudah sesuai dengan aturan-aturan SEO.
  2. Jika ingin menambah konten baru haruslah yang relevan dengan kata kunci tersebut.

Kalau untuk performa CTR, kamu harus mengganti judul (meta title) dari halaman yang muncul di hasil pencarian. CTR rendah bisa dikarenakan kamu menggunakan judul yang tidka ngehits sehingga menurunkan minat klik pengunjung.

 

Advertisements