Cara Memindah Website WordPress Ke Hosting Baru


Ada beberapa alasan yang dilakukan oleh blogger untuk memindahkan websitenya ke hosting baru. Apapun alasan itu, pastilah untuk hal yang lebih baik. Ikuti langkah berikut jika kamu ingin memindah website wordpressmu ke hosting baru.

#1 Lakukan Backup database di website lama. Masuklah ke akun cPanel kamu. Arahkan perhatian kamu ke menu Files lalu pilih Backup.

memindahkan website wordpress ke hosting baru#2 Selanjutnya pilihlah database yang akan kamu unduh. memindahkan wordpress ke hosting baru

#3 Setelah kamu unduh, kompres data tersebut lalu cari 2 data yang diperlukan (public_html – biasanya ada di folder home dir & database yang berekstensi .sql – ada di folder mysql).

#4 Sekarang masuklah ke hosting baru kamu melalui cPanel.

#5 Selanjutnya klik ikon “MySQL Database Wizard”. Fungsinya untuk membuat database dan username baru.memindahkan wordpress ke hosting baru

#6 Selanjutnya beri nama database baru dan klik “Next Step”.memindah wordpress ke hosting baru

#7 Sekarang buatlah username dan password. Lalu klik “Create User”. memindah wordpress ke hosting baru

#8 Kita akan diarahkan pada halaman ALL PRIVILIGES. Centang semua pilihannya dan klik ‘next step’. Pada tahap ini kamu sudah memiliki database baru di hosting baru, tapi isinya masih kosong! Jadi, kita harus melakukan impor isi database yang lama.

memindah wordpress ke hosting baru

#9 Untuk melakukan impor database yang lama, kembalilah ke halaman utama cPanel, klik ikon “phpMyAdmin” pada menu Databases. Pilih pada nama database yang baru saja kamu buat tadi (lihat sidebar sebelah kiri). Lalu klik ‘impor’.

memindah wordpress ke hosting baru

#10 Ambillah database yang berekstensi .sql, jika sudah selesai maka kamu berhasil merestore database website kamu di tempat hosting baru.

#11 Selanjutnya unggahlah folder public_html yang sebelumnya kamu ekstrak dulu dalam bentuk .zip. (Caranya kembali ke halaman utama cPanel dan pilih menu File Manager)

#12 Upload folder public_html yang sudah kamu kompre dalam bentuk .zip tadi. Klik tombol upload yang berada di menu bagian atas.

memindah wordrpess ke hosting baru

#13 Kembali ke cPanel lagi. Dengan merubah DB_NAME, DB_USER, dan DB_PASSWORD (sesuaikan dengan yang tahapan yang telah kamu buat pada langkah ke-3 dan 4 di atas) di file config yang ada pada folder public_html. Selanjutnya klik tombol save yang ada di sebelah kiri atas.

memindah wordpress ke hosting baru

 

 

 

 

Advertisements