Menghubungkan Domain & Hosting Yang Dibeli di Tempat Berbeda (Cara Setting Name Server & Add On Domain)


“Pingin beli nasi gandul!”

mengbubungkan hosting dan domainApa-apaan nih. Pagi-pagi udah bikin laper aja! hehehee. Beli nasi gandul paling asyik ya di Pati. Kan makanan khas Pati, jadi rasa paling cocok dan mendekati sempurna ya cuma ada di Pati.

Ngapain harus jauh-jauh ke Pati? Di Kudus sini juga banyak warung yang jualan nasi gandul. Hush! Beda keles. Kalau mau beli sesuatu itu harus di ahlinya. Nasi gandul ya belinya khusus di warung gandul. Mau beli soto kerbau ya meluncur aja ke warung soto kerbau khas Kudus sini.

Jadi, paragraf di atas cuma perumpamaan aja. Gak usah baper gara-gara makanan. Sekarang saya kasih tahu kaitannya sama materi pagi ini.

Membeli hosting dan domain untuk website kita. Kalau website kita ini bakal jadi lahan penghasilan utama, pastinya kita pingin merancang yang terbaik. Supaya apa? Supaya maksimal performanya. Membeli domain ya di ahlinya domain. Begitu juga dengan hosting, harus di ahlinya.

Udah beli domain dan hosting di tempat berbeda? Kalau kita membeli domain dan hosting di tempat yang berbeda, otomatis kita harus menghubungkannya. Begini caranya:

menghubungkan hosting dan domain

#1 Buka cPanel hosting kamu (kebetulan di sini saya menggunakan hostgator). Cari menu domain lalu pilih add on domain.

#2 Masukkan domain yang ingin kamu hubungkan ke hosting ini. Masukkan password dan ulangi untuk konfirmasi password. menghubungkan hosting dan domain

#4 Klik Add Domain

#5 Jika sudah berhasil, maka domain yang baru saja kamu tambahkan akan muncul di daftar add on domain seperti menghubungkan hosting dan domainberikut.

#6 Sekarang login ke akun tempat kamu membeli domain. Cari domain yang akan di setting. Klik dan ubah setup-nya.

#7 Kembali lagi ke hostgator atau tempat kamu ke cPanel hosting kamu dan salinkan name servernya.

menghubungkan hosting dan domain

#8 Isikan Domain Name Server (DNS) ke-1 dan ke-2 sesuai dengan informasi Nameserver atau DNS web hosting yang kamu gunakan.

#9 Masukkkan ke setup domain kamu untuk mengisikan name server. Selanjutnya klik save.

 

 

 

 

Advertisements