Cara Terampuh Jadi Jutawan Lewat Facebook (Facebook Marketing)


Sosial media itu berbahaya!!!

Kenapa? Karena jika tidak kamu manfaatkan secara optimal, ianya bisa membuatmu miskin! Nah, makin bingung kan? Sengaja memang saya bikin bingung supaya kamu scroll terus ke bawah untuk memecahkan kebingunan tersebut. hehehe.

Iya bener! Di halaman ini kita akan fokus mengupas pengoptimalan facebook untuk menjadikanmu jutawan. Itulah kenapa kalau sebuah akun sosmed tidak kamu manfaatkan dengan baik, tidak akan ada manfaatnya. Ujung-ujungnya akan berbahaya. Ngabisin kuota cuma buat main-main.

Ikuti tahap demi tahap untuk mengoptimalkan Facebook di sini.

#1 Cari 5 page milik brand sainganmu di Facebook

Masukkan “Pages about [industri] that are liked by my friends” di kolom pencarian FB. Hasilnya seperti ini:jualan di faceboo

Kemudian FB akan menampilkan page dalam topik yang kamu masukkan. Cobalah untuk me-klik ‘See more’, merekalah sainganmu.

Pilihlah hanya page yang mendapat banyak like dan pengikut. Kemudian pelajari poin-poin berikut ini:

  • Post yang mendapat banyak like
  • Seberapa sering mereka menerbitkan post baru
  • Jam berapa post yang mendapat banyak like
  • Foto, cover, dan kelengkapan profil

Jadi, kita sudah bisa mendapatkan target likers dan follower yang tepat sasaran dari page sainganmu tadi.

#2 Ikuti trik ini untuk membuat page yang atraktif

Langkah-langkah untuk membuat page di FB cukup mudah. Sudah punya akun? Tinggal pilih ‘Create group’. Tentukan kategori yang tepat, karena beda kategori beda juga fasilitas yang diberikan. Berikan juga nama page yang merupakan nama produk kamu.

Selanjutnya, lengkapi profil Facebook page-mu:

  • Foto profil: terapkan logo dengan resolusi yang bagus
  • Cover: terapkan gambar yang menarik dengan resolusi yang bagus
  • About: jelaskan bisnismu dengan singkat dan menarik
  • Selengkap-lengkapnya dan sedetil-detilnya

#3. Pastikan target calon audiensmu

Pastikan 1 kelompok audiens. Satu saja! Tidak lebih.

Karena hanya dengan menarget satu kelompok akan memudahkanmu untuk membentuk reputasi. Dan, memudahkanmu untuk mendekati audiens dengan bahasa yang sesuai pula.

Syarat untuk mengenali audiens yang tepat adalah dengan memanfaatkan page kompetitor:

Kata kuncinya: “Interests liked by people who like [nama page]”

social media marketing

Oh seperti ini orang-orang yang menjadi target kita? Ada yang religius, ada yang gila bola dan gila seni.

Jadi, usahakan membahas apa yang membuat target marketmu tertarik untuk mengikuti pagemu.

#4 Optimasi website untuk Facebook

Kalau sudah main Facebook marketing, harusnya kamu sudah punya website sendiri.

social media marketingMau punya postingan yang ketika dishare oleh orang lain bentuknya seperti ini? Gambarnya jelas, judul dan deskripisnya kelihatan menarik.

Untuk pengguna wordpress, silahkan kamu pasang plug in Yoast SEO. Dengan plug in ini kamu bisa mengatur meta tag dengan lebih mudah.

#5 Tips membuat post yang bermutu di FB

Saya tidak menganjurkan kamu untuk melakukan post lebih dari 2x dalam sehari. Karena kamu hanya akan mendapatkan sedikit like dan kualitas postingan akan semakin menurun.

Alangkah baiknya kamu baca juga informasi untuk meningkatkan follower.

Beda jenis post, beda juga tipsnya!

Sudah sangat jelas bahwa setiap post dengan format teks tidak bisa berdiri sendiri. Harus ditopang sama gambar, video atau link. Biar lebih kokoh aja. hehehe. Selain itu orang bakal males kalau isinya cuma tulisan doang, meskipun tulisannya udah kamu persiapkan sedemikian rupa.

Nah, kalau kamu pingin post dengan jenis videa, pastikan videonya kamu upload ke facebook. Kebanyakan dari kita lebih suka menaruh link video dari YouTube kan?

Post berupa link beda lagi sarannya. Untuk yang satu ini, facebookers lebih suka gambar berukuran memanjang ke samping. So, pas kamu membuat konten di website pastikan gambarmu punya ukuran minimum 470×246 px atau yang mendekati.

Post seperti apa dan jam berapa yang sesuai untuk audiens kamu?

Tergantung dari isi konten yang ingin kamu bagikan. Misalnya kamu ingin bebragi hiburan atau informasi singkat dan sederhana, manfaatkan saja gambar atau video. Sedangkan, untuk yang mengandung banyak analisa dengan bobot lumayan tinggi, ya post saja ke websitemu. Terus share linknya ke FB.

social media marketingMudah kan? Gitu aja kok repot??!!

Waktu juga situational! Tergantung apa? Tergantung dari audiensmu.

  • Pelajar/mahasiswa: hari kerja, malam
  • Pekerja: akhir minggu, malam
  • Ibu rumah tangga: hari kerja, siang

Itu cuma perkiraan saja ya.

#6 Ikut nimbrung di grup populer sesuai dengan bidang bisnismu!

Buatlah orang lain untuk mengenalmu! Caranya adalah dengan bergabung di grup yang sudah menampung banyak likers dan followers.

Carilah grup sesuai dengan bidang bisnismu, terapkan salah satu kata kunci berikut:

  • “groups named [nama industri]”
  • “groups about [nama industri]”
  • “groups joined by people who like [industri/page/kata kunci lain]”

Hindari grup spam!!!

Sebelum gabung ke sebuah grup ada baiknya kamu melihat karakterstik grup yang baik seperti berikut:

  • Sering ada tanya jawab
  • Setiap post banyak like/komentarnya
  • Membernya sering berbagi informasi berupa teks/gambar/link
  • Tidak ada post yang tidak berhubungan.

Hnidari promosi!!!

Tadi disuruh menghindari spam, sekarang diminta menghindari promosi. Banyak banget aturannya. Enggak, banyak kok. Cuma bejibun aja. hehehe.

Pada tahap awal bergabung di sebuah grup, jangan langsung promosi. Masih ingat rumus promosi? Sharing dahulu, selling kemudian. Jadi, buatlah dirimu bermanfaat bagi member di grup tersebut, setelah itu keluarkan jurus marketingmu.

#7. Analisa performa page

Udah jadi, udah clear semuanya? Udah mulai ada interaksi?

Nah, pada tahap selanjutnya kamu bakal sadar bahwa ada post yang mengundang banyak komentar dan like. Tapi, ada juga post yang sepi.

Di sinilah kamu harus melakukan analisa. Cek menu ‘Insights’. Selanjutnya lakukan ulasan berdasarkan 4 poin ini:

social media marketing

  1. Hari apa yang paling banyak follower online
  2. Jam berapa mereka online
  3. Post mana yang mendapatkan paling banyak reach dan engagement
  4. Post mana dari saingan anda yang mendapatkan paling banyak engagement

Untuk mencari data saingan masuklah ke menu ini:

social media marketing

Susunlah rencana untuk menerbitkan konten berbobot berdasarkan analisa baru yang kamu dapatkan.

#8

Optimasi page untuk search engine

Sudah sampai pada tahap ini berarti sudah paham dengan SEO kan? Kalau belum baca lagi nih manfaat SEO.

Pengoptimalan Facebook Page dengan website tentu saja berbeda. Spesial untuk Facebook Page kenyamanan dan kemudahan pengguna dalam mendapatkan informasi tetaplah nomer satu.

Perhatikan dan praktikkan tips SEO untuk pagemu berikut ini:

Nama page

Nama page = Nama brand kamu.

Tapi, ada juga page yang menambahkan kata kunci. Seperti nama page salah satu teman fotografer saya ‘Bang Andy Fotographia’.

Intinya kalau memang sesuai, terlihat alami dan profesional, kamu bisa menambahkan kata kunci di sana. Jangan dipaksakan!

URL

URL = nama brand kamu.

“Saya sudah coba cari, tapi kok nama brand saya tidak tersedia?”

Coba sisipkan kata kunci di depan atau di belakang. Seperti contoh nama page di atas, kamu bisa menyisipkan ‘fotografia’, ‘photography’ dan lain-lain sesuai bidang bisnismu.

About

Facebook Page, about = meta description.

Kali ini aturannya sama dengan mengolah meta description untuk websitemu. Yaitu:

  • Mengandung 1 kata kunci
  • Menarik, mampu mengundang klik

Alamat & nomor telepon

social media marketing

Menyisipkan alamat dan nomor telepon akan membuatnya tampak profesional dan terpercaya.

Siapa yang diuntungkan? Sudah pasti kamu. Jadi, ketika ada orang yang mencari bisnismu berdasarkan kata kunci yang mengandung nama daerah, pagemu dijamin mendapatkan peringkat tinggi.

Facebook Notes

Memanfaatkan Facebook Notes untuk mengincar kata-kata kunci lain berarti kamu bisa mendapatkan rangking tinggi untuk beberapa kata kunci sekaligus.

Tapi, kamu harus ingat 3 hal berikut ini:

  • Tetap fokus untuk optimasi website, Facebook hanyalah penghasil pengunjung sampingan
  • Incarlah kata kunci dengan persaingan yang SANGAT rendah
  • Selalu pasang link dari notes ke websitemu dan Facebook Page

Itulah beberapa hal terkait SEO untuk Facebook Page.

Untuk mulai membuat Notes di Facebook Page, masuk ke menu Settings > Apps > klik tombol Add App pada Notes. Setelah itu, lokasi notesmu ada di sini:

social media marketing

#9 Tips sederhana untuk pengguna Facebook Ads

  1. Jangan ‘boost’ post yang sudah diterbitkan. Buat ‘dark post’ melalui power editor
  2. Gunakan gambar yang relevan dengan pesanmu
  3. Gunakan audiens dari page lain sebagai target interest
  4. Targetkan audiens yang sangat spesifik
  5. Pasang remarketing pixel dan conversion tracking pixel di websitemu
  6. Pelajari copywriting
  7. Selalu beritahu apa yang mereka harus lakukan (klik, beli, download, dll.) dan ‘strong why’ untuk apa yang hasrus mereka lakukan
  8. Kalau budget anda kecil, utamakan news feed ads
  9. Selalu buat lebih dari 1 variasi untuk copy, gambar, dan targeting, lakukan split testing
  10. Sebaiknya hindari langsung berjualan, berikan mereka manfaat (alasannya dibahas dalam langkah 10)

#10 Utamakan soft sell!

Kebanyakan dari mereka yang aktif di Facebook, tujuannya bukan untuk mencari sebuah barang. Jadi, akan jauh lebih baik kalau kamu menerapkan soft sell di FB.

Caranya, dengan membagikan sesuatu, seperti:

  1. Ebook
  2. Konten panduan
  3. Video/webinar
  4. Kupon diskon

Tapi, jangan dikasih secara cuma-cuma. Kita terapkan prinsip barter. Iming-imingi suatu produk, dengan syarat tukar email atau nomor  HP.

Intinya jaring mereka yang sudah tertarik dengan produk kita, tapi belum siap untuk membeli. Lain kali, kita ingatkan mereka kembali. Siapa sudah siap transfer? Asiikk.

 

 

 

 

 

Advertisements