Tembus Omset 100 Juta Modal Blackberry


naik omset modal blalckberryMeraup untung ratusan juta dari Blackberry? Yakin? Kalau melihat fitur yang ditawarkan sih awalnya saya ragu. Karena memang standar-standar aja kontennya. Ganti Display Picture, bikin status, nge-chat temen lewat Personal Message. Udah segitu aja.

Tapi, dalam buku karya Coach Billionaire Dewa Eka Prayoga yang berjudul Tembus Omset 100 Juta Modal Blackberry ini, saya berpikir ulang untuk memanfaatkannya sebagai ladang panen rupiah.

Karena pakar Marketing Kreatif ini khusus meluangkan waktu untuk membahas aplikasi Blackberry Messenger, berarti memang materinya genting banget. Harus disimak dan tidak boleh ketinggalan walaupun sejengkal. Iyalah, sejengkal kan cukup lebar. Apalagi jengkalannya si Hulk! #ehhh.

Daripada makin ngelantur mending kita langsung gas aja untuk mengupas tuntas perihal pengoptimalan Blackberry Messenger sebagai calon tambang rupiah.

Ada Apa dengan Blackberry?

Gak Cuma Cinta aja yang pingin ditanyain kabarnya. Blackberry juga butuh perhatian tuh. Hehe. Faktanya sampai dengan buku ini ditulis, sang penulis melampirkan sebuah data yang menyatakan bahwa pengguna Blackberry Messenger mencapai 13 juta orang di dunia.

Yang paling bikin heboh adalah angka di atas ternyata belum totalnya. Karena belum dihitung sama pengguna Android dan iOS yang juga mengunduh dan aktif sebagai Blackberry holic.

Printilan-printilan Blackberry yang Wajib Kamu Pahami

#1 Display Picture

Cerminan dirimu ada di sini lokasinya. Untuk kamu yang sedang memanfaatkan BBM sebagai lahan untuk menjaring pelanggan, tampilkan beberapa gambar ini untuk dipamerin ke kontak-kontak kamu:

  • Testimoni customer
  • Tertimoni reseller
  • Endorsement tokoh
  • Produk bersama tokoh
  • Produk dengan tampilan menggiurkan
  • Foto saat packing-packing
  • Gambar dengan kalimat penawaran/promosi
  • Gambar format gif

Untuk memaksimalkan DPmu, ada beberapa saran yang bisa dicoba:

  • Resolusi yang tepat. Supaya tidak pecah kalau gambarmu resolusinya terlalu kecil atau tidak kepotong kalau gambarmu resolusinya terlalu besar.
  • Watermark! Ini penting agar orang lain yang ikut menyalin fotomu tahu bahwa sumber utamanya tetaplah dirimu.
  • Warna cerah itu jauh lebih baik.
  • Soft selling paling efektif adalah rajin mengganti DP terutama pada waktu pagi dan malam.

#2 Cuma mau promosi? Lewat!!!

Di sini kamu dilarang sekedar promosi. Karena saya paling sebal dengan orang yang suka Broadcast gak jelas. Dan, setelah saya baca ujung-ujungnya minta kita untuk beli. Setelah berpengalaman main BBM, saya gak pernah tuh baca BCan dari orang. Langsung saya end chat!

Ternyata memang ada ilmunya. Kamu gak boleh asal promo tiap hari. Orang akan jenuh dan males berhubungan sama kamu. Bisa-bisa kena delete contact.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus memberikan selingan berupa:

  • Foto pribadimu
  • Gambar pernyataan motivasi/renungan
  • Gambar lucu
  • Logo merk produk

#3 Foto Terbalik

Sssttt.. ini trik jitu untuk membuat kontak-kontak yang ada di akun BBMmu ngeh dengan keberadaanmu. Orang lain mungkin melakukannya karena iseng, tapi hasilnya sungguh ajaib. Bisa menaikkan jumlah PING!!!

Saya pernah mencobanya. Alhasil memang benar menaikkan jumlah PING!!! Mereka mengaku pusing lihat DP saya yang kebalik. Hehehe.

#4 Display Name = Kartu Tanda Pengenalmu

Apalah arti sebuah nama. Pernah denger pepatah tersebut? Udah sering pastinya. Jangan hiraukan. Kalau di sini nama mah penting banget. Karena dengan tahu Display Namemu orang akan mengenal produkmu juga.

Untuk membuat teman-teman di kontak akun BBMmu terus ingat bahkan sampai tidur terus kebayang-bayang sama nama brand kamu, gunakan format Display Name berikut ini:

  • Tanda seru di awal
  • Spasi 3x setelah tanda seru
  • Cantumkan nama kamu
  • Tambah dengan tanda pemsih (|), (-), (,)
  • Tambahkan nama brand dan gunakan tanda pemisah
  • Cantumkan nomor HP/website

#5 Testimoni Tokoh Bikin Keyakinan Pelanggan Makin Kokoh

Terkadang orang membeli suatu produk bukan karena suka. Bukan karena butuh. Tapi, karena idolanya pakai! Misalnya nih, saya ngefans berat sama Rafi Ahmad. Karena si doi jualan nasi lidah, dan sering banget tuh infotainment nyorot kegiatannya yang lagi kroscek salah satu outlet. Yang kebetulan lagi nonton dan yang lagi ‘ngidam’ sama Rafi pasti penasaran sama rasa nasi lidahnya.

Artis memang punya daya attraction yang cukup tinggi. Inilah yang bisa kita manfaatkan. Gak perlu artis besar selevel Rafi Ahmad! Tokoh yang kamu anggap punya reputasi baik dan representative untuk brand kamu pun bisa untuk coba dihubungi. Caranya?

  • Aktif di dunia Twitter dan follow orang-orang yang ingin kamu mintai testimoni. Mention mereka, sapa, minta doanya, quote tweet dan lain-lain. Pokoknya dekati terus sampai terjadi interaksi. Dan, nyatakan kalau kamu ingin memberikan produkmu untuk mereka.
  • Hadiri seminar/training si tokoh. Bawa serta produkmu untuk diberikan pada si tokoh.
  • @EndorseArtis. Follow akun Twitter tersebut untuk mengetahui artis-artis yang bisa dimintai testimoni.

#6 Testimoni Pelanggan Bikin Nambah Kepedean

Faktor ikut-ikutan berlaku di sini. Tetangga sebelah rumah baru saja koar-koar tentang mantapnya jasa sedot WC yang baru saja dipakai. Tetangga yang sebelah lagi (kali ini sebelah kanan – tadi sebelah kiri) sudah membatin, ‘nanti kalau WC saya mampet, mau pakai jasa itu juga ah’. Hehehe.

Saya juga sering seperti itu. Setiap kali mau membeli suatu produk, apalagi kalau si produk ‘ada harganya’ kita lebih sering cari informasi dulu. Tanya-tanya sama yang udah pernah pakai.

Manfaatkan faktor ikut-ikutan ini, dengan cara:

  • Berikan catatan khusus untuk setiap barang yang kamu kirim. Contohnya, ‘share perkembangannnya ya ibu/bapak setelah memanfaatkan produk dari kami.’
  • Gak kirim-kirim kabar juga? Hubungi mereka terlbih dahulu. Sapa mereka, tanya kabarnya, pokoknya basa basi dulu lah.
  • Bangun atmosfer yang hangat. Supaya pelanggan juga merasa nyaman bercakap-cakap dengan kita.

Pahami Strategimu, Lancarkan Aksimu

#1 Istilah Perangsang untuk Statusmu

Status dengan istilah perangsang ini berfungsi untuk menjaring pelanggan supaya betah untuk lanjut membaca personal messagemu. Saya bagi beberapa istilahnya ya:

  • Full order!
  • Laris
  • Terbukti
  • Mau?
  • Awas
  • Hati-hati
  • Sekarang
  • Penting
  • Buruan
  • Dicari
  • Spesial
  • Dahsyat!
  • Liar
  • Mengguncang, dst.

#2 Personal Message

Tempat untuk headlinemu. Tempat untuk menawarkan produkmu ke seluruh kontak yang kamu miliki. Iya, di sini nih tempatnya.

Apa saja sih yang harus kita cantumkan di sini?

  • Seolah-olah ramai, habis dan laris. “Alhamdulillah, full order. Stok terbatas kak, masih ada 2 kesempatan lagi. Ayok diborong”
  • Seakan-akan sibuk. “Ada banyak pertanyaan, balas satu-satu ya. Slow response”
  • Terima kasih customer “Terima kasih kak Fona untuk orderannya hari ini, semoga bermanfaat”
  • Penawaran terbatas. “Udah 3 orang yang ambil, masih sisa 1 kak”
  • Kata-kata penawaran. “Cara sehat tanpa obat”

naik omset lewat blackberry#3 Selingan

Seperti halnya DP di atas, Personal Mesaagemu pun isinya jangan jualan mulu. Teman-teman kontakmu pasti eneg lihatnya. Sesekali berilah selingan berupa:

  • Kata motivasi. Untuk berbagi semangat dan pemaknaan hidup boleh juga tuh.
  • Apa yang kamu rasakan saat ini. Akan lebih baik kalau yang kamu share adalah kabarmu yang baik-baik aja.
  • Bangkitkan interaksi dengan tanya sesuatu.

Sekali Broadcast Dapat Cash!

Ah, serius??? Coach Dewa bilang ini bagian favoritnya. Kalau saya bilang ini bagian paling menyebalkan. Pasalnya saya gak pernah sekalipun menggubris BC dari teman-teman.

Setelah dibaca dengan seksama memang BC ini ada ilmunya. Gak asal BC yang bisa berakhir dengan DC! Jadi, saya menemukan 5 kunci penting untuk mengubah Broadcast menjadi Cash. Ini dia saya persembahkan spesial untuk kamu:

#1 Market

Siapa orang-orang yang tergabung dalam kontak BBM kamu? Hal ini karena kualitas dari kontakmu mempengaurhi hasil % closing. Kalau udah tertarget, udah pasti bisa meningkatkan % closing.

#2 Who

Siapa kamu di mata mereka? Karena orang membeli dari penjual yang mereka sukai. Tipsnya adalah bangun kedekatan dengan kontak-kontak BBM mu.

Dengan interaksi yang intens, kamu bisa menggali permasalahan yang sedang mereka hadapi. Berempatilah dengan cara mendengarkan. Berikan solusi ala kamu untuk masalah mereka. Iya udah pasti! Solusinya adalah produk kamu.

#3 Timing

  • Frekuensi BC yang paling baik adalah 2x dalam seminggu
  • BC pas tanggal muda itu lebih bijaksana daripada BC di tanggal tua
  • Untuk waktu yang paling tepat adalah di pagi atau malam hari

#4 Headline

Iklannya iklan ya di sini. Yang dimaksud adalah judul dari Broadcastmu. Bungkus headlinemu secara menarik, emosional, penasaran dan kontroversial.

#5 Copywriting

Karena yang menggerakkan orang untuk membeli adalah jiwa dari setiap kalimat yang kamu tuangkan dalam bentuk tulisan di Broadcastmu. #aseeek

Tulis pesanmu seolah-olah hanya untuk satu orang dengan kemasan cerita yang menarik. Hanya itu kuncinya.

#6 Bagian Broadcast yang Tidak Mungkin Kamu Lewatkan!

Headline

4 jenis headline BC ini dijamin ampuh untuk ‘memenjara’ mata kita untuk lanjut membaca isinya:

  • Jebakan: ‘kamu dimana?’, ‘yang itu harganya berapa sist?’
  • Pertanyaan: ‘ingin tahu tentang . . .’, apa yang paling efektif untuk . . .’
  • Pernyataan: ‘percaya atau tidak’, jujur saja’
  • Tantangan: ‘cobalah’, hadapi’

Opening

Menjaring keterlibatan pembaca dengan opening asyik arahan Creative Marketing Dewa Eka:

  • Semua orang tahu . . .
  • Dapatkah Anda bayangkan . . .
  • Lihat diri Anda . . .

Penghubung

Untuk membuat orang ketagihan pada isinya:

  • By the way . . .
  • Sedikit demi sedikit . . .
  • Saya ingin membantu Anda . . .

Body text

Ini adalah inti dari Broadcast yang kamu bagikan:

  • Gratis
  • Diskon
  • Voucher
  • Limited offer, dst

Call to Action

Apa yang kamu inginkan dari mereka:

  • Putuskan sendiri
  • Lakukan sekarang juga
  • Berminat?

N.B

Ingatkan sekali lagi:

  • Siapa cepat, dia dapat
  • Promo berlaku hanya untuk 30 penelepon pertama
  • Momen titik balik kehidupanmu

Footline

Buat mereka baca lagi pesan kamu:

  • Ambil peluang . . .
  • Saatnya untuk . . .
  • Jalan pintas Anda menuju . . .

Lakukan sesering mungkin

Saya terperangah ketika membaca judul sub bab ini. Semakin sering dapet BC, makin naik darahlah saya. Tapi, seringnya kita mem-forward BC di sini haruslah dengan selingan yang asyik. Maksudnya, jangan promosi mulu. Selingi dengan edukasi, informasi dan gurauan.

Idealnya untuk BC ini bisa kamu lakukan 2x dalam seminggu. Kalau ada yang DC beneran gimana bos? Ya gak masalah. Itu berarti mereka bukan the real target market.

#7 Pembinaan untuk Customer dan Reseller Via Grup

omset naik lewat blackberryMereka yang sering melakukan pembelian ke kamu bisa disebut dengan real customer. Sedangkan, mereka yang baru saja membeli produkmu disebut dengan buyer. Mereka sama-sama penting. Kamu boleh mengeluarkan jurus-jurus tertentu untuk menjaring buyer baru setiap harinya. Tapi, jangan lupakan mereka yang sudah menjadi pelanggan lamamu.

Bagaimana dengan reseller?

Mereka lah salah satu tim yang selalu berhadapan dengan pelanggan. Oleh karena itulah, setelah mendapatkan reseller, kamu harus memberikan perhatian khusus. Pembinaan dan perhatian khusus yang kamu berikan ini bertujuan untuk membujuk mereka secara tidak langsung untuk repeat order dan mereferensikan produkmu ke orang lain.

Jika saat ini bisnis yang kamu rintis belum memiliki reseller, coach Dewa menyarankan wajib untuk memilikinya. Untuk mendapatkan mereka itu tidak sulit kok. Ikuti saja alurnya:

  • Sebarkan info reseller melalui BC, personal message, postingan di FB, twitter atau media sosial lain
  • Berikan penawaran yang memberikan keuntungan untuk mereka
  • Reseller tidak membutuhkan manfaat dari produkmu. Yang mereka inginkan hanyalah keuntungan dan ilmu

Supaya mereka tambah yakin untuk menjadi resellermu, bantah keraguan-raguan mereka dengan poin-poin berikut:

  • Tidak perlu stok
  • Berikan marketing kit yang lengkap
  • Hanya dijual melalui agen dan reseller (tidak dijual di toko)
  • Modalnya sangat terjangkau
  • Profitnya besar
  • Kami cantumkan nama Anda di website kamu untuk kemudian direkomendasikan kepada orang-orang di daerah tempat Anda tinggal

Nah, setelah bisa menggaet mereka dengan iming-iming di atas. Jangan lepaskan begitu saja. Karena bisa jadi beberapa dari orang yang mau gabung adalah para reseller pemula. Tentu saja kamu wajib mendukung mereka, dengan memberikan materi-materi yang mereka butuhkan. Persiapkan testimoni-testimoni yang mudah untuk disalin.

Untuk memacu semangat dan komitmen para reseller, adakan nuansa kompetisi. Berikan bonus atau potongan harga bagi yang mencapai target tertentu. Berikan punishment bagi yang tidak mencapai target, misalnya dikeluarkan dari grup reseller atau hukuman lainnya.

Kelola Kontak BBMmu

Kategori kontak yang kamu buat ini akan memudahkanmu untuk melakukan pendekatan, menawarkan produk, menawarkan kerja sama hingga menawarkan promo:

  • Market: orang yang mengundang pin BBmu
  • Prospect: orang yang bertanya-tanya mengenai produkmu
  • Buyer: orang yang baru beli 1x
  • Customer: orang yang pernah melakukan repeat order
  • Member: orang yang menjadi customermu secara khusus
  • Reseller: orang yang membantu menjualkan produkmu

#8 Berapa % closing hari ini?

omset naik lewat blackberrySemakin tinggi % closing, makin gendut lah isi rekeningmu. Ada 7 teknik closing yang bisa kamu terapkan dan semuanya sangat aplikatif.

  • Ya ya ya. Pojokkan calon pelangganmu untuk selalu berkata ya.
  • Penjual yang hebat adalah yang banyak nanya. ‘kok ongkirnya mahal?’ ‘iya bu’. Itu berarti kamu pasrah aja. Harusnya kasih pertanyaan balik, ‘maaf, ibu membandingkannya dengan apa?’
  • Now or never. Kebiasaan calon pembeli adalah suka menunda. Buat mereka untuk melakukan transfer sekarang juga.
  • Harga coret. Tunjukkan harga asli dan harga penawaran baru. Lakukan ketika ada promo saja ya.
  • Tidak semua orang bisa mendapatkan produk ini. Terbatas!
  • Tunjukkan bahwa kamu bisa merasakan apa yang menjadi masalah calon pembelimu.
  • Cerita orang. Testimoni pelanggan atau cerita dari orang lain mengenai produk kamu.

Semua strategi yang kamu butuhkan untuk meraih omset 100 juta melalui perantara Blackberry Messenger sudah dijabarkan dengan runtut dan detil. Sekarang? Ya saatnya action. Karena strategi tanpa aksi sama dengan mati suri. Sedangkan aksi tanpa strategi sama dengan gantung diri.

So, let’s take action right now! Now! Or never.

Advertisements