Cara Mudah Mengelola Google + untuk Bisnis Online


Menurut pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, Google + bukanlah sosial media. Ianya adalah salah satu produk Google yang update. Banyak orang yang mengatakan bahwa Google + tidak banyak menyumbang kepopularitasan. Tapi, sebuah data menunjukkan bahwa pengguna Google + tertinggi kedua setelah Facebook. Wuih hebat!

Selain itu, Indonesia juga menempati posisi ke-4 di dunia yang paling banyak memanfaatkan Google +. Untuk itulah halaman ini dibuat! Untuk mengoptimalkan akun Google + kamu tentunya. Pada tahap awal, mari kita benahi profil terlebih dahulu.

optimalkan google plusBuka profil Google + kamu, masuklah ke menu About dan klik Edit untuk Story kamu. Di sinilah kamu bisa menyisipkan link ke websitemu. Lihat contoh di atas!

Maksimalkan kata kunci dengan menyisipkan link website mu di sana. Tidak hanya di bagian Story, tapi kamu juga bisa memasang backlink di Basic Information, Contact Information, Work Places.

Strategi Nge-post di Google Plus!

  • Siapkan 60 sampai 70 karakter pertama untuk judul. Inilah yang bakal terindex oleh Google. So, pastikan berkaitan dengan kata kunci dan bisa mengundang klik orang lain.
  • Manfaatkan huruf tebal (Bold), miring (underline), dan coret pada judul.
  • Untuk deskripsi, cukup 50 – 100 kata. Karena di dalam deskripsi, kata kunci ini bisa di index oleh Google.
  • Manfaatkan hashtags yang berhubungan dengan post kamu.
  • Khusus kamu yang punya website, sisipkan link mu di sana. Karena ini dihitung backlink lho oleh Google.
  • Tambahkan image/Animated Gifs/Video.
  • Pastikan share ke public.

Kapan waktu terbaik untuk nge-post?

Berdasarkan Webinar dari Purba Kuncoro, sang narasumber memberikan fakta kepada kita bahwa waktu terbaik untuk melakukan post di Google + adalah setiap hari. Lhoh kok bisa setiap hari?

Iya, kita bisa manfaatkan tiap hari dengan memperhatikan jam-jam mujarab tentunya.

  • Pukul 07.00 – 08.00
  • Pukul 11.30 – 13.30
  • Pukul 16.00 – 17.30
  • Pukul 21.00 – 23.00

Share gambar dan teks setiap hari? Duh, bosen

optimalkan google plus

Monoton! Kalau kamu cuma share teks dengan 1 gambar setiap hari, jangan harap follower mu bakal berani menggerakkan tangannya untuk nge-klik link mu. Kecuali kalau isinya benar-benar bikin ‘heboh’.

Nah, untuk menyiasati hal ini, kamu bisa memposting dengan bentuk slide presentasi. Caranya:

  • Susunlah slide presentasi di Google Drive
  • Tambahkan gambar yang nampak seperti tombol ‘buy now’ – yang ditambahkan link ke websitemu (untuk menarik perhatian)
  • Tambahkan juga video You Tube yang berkaitan
  • Setelah selesai membuat slide PPT, pastikan share to public (anyone on the link)

Mau Jualan di Google +? Lancarkan tahap-tahap ini

Layaknya media sosial Facebook, untuk mengoptimalkan akun Google + ini kamu gak bisa langsung senggol sana senggol sini untuk promosi. Perlakukan akun jualan sama dengan akun pribadimu. Itu menurut saya. Share kalimat motivasi, nge-post gambar, video atau cerita humor. Dan, yang paling penting untuk menjaring calon pelanggan adalah memberikan informasi atau edukasi terkait dengan produk yang kamu jual.

optimalkan google plusJualan jamu? Tiap hari kerjamu maksa orang untuk beli jamu mulu. Ya udah endingnya, Google + kamu bakal mati suri.

Triknya adalah jaring calon pelanggan dengan memberi mereka informasi atau edukasi mengenai manfaat kunir untuk kulit tubuh. Bagi juga tips untuk memanfaatkan meracik kunir untuk penderita maag. Dan, masih banyak lagi.

Tambahkan juga hashtags untuk setiap post kamu. Dengan cara mencari referensi hashtags di Google + sendiri.

optimalkan google plusSaran saya di atas adalah pergunakan akun G + kamu seperti akun G + pribadi. Jadi, berinteraksilah layaknya manusia di sana.

Berikut ada beberapa interaksi yang bisa diterapkan untuk membangun kedekatan dengan followersmu:

  • Sebut nama mereka di post kamu
  • Berbagi post dengan followermu secara langsung
  • Komentar di postingan followermu
  • Tambahkan target marketmu di Circle
  • Tandai followermu dalam foto
  • Awali percakapan dengan mereka

Jurus Jadi Populer di Google +

Menjadi populer atau ngehits bagi sebagian orang adalah hal yang menyenangkan. Apalagi kalau kita jualan secara online, wajib menjadi populer. Supaya laku keras!

Cobalah untuk bergabung ke beberapa komunitas yang seirama dengan produkmu. Baik itu komunitas pribadi maupun komunitas terbuka untuk umum. Di sana kamu akan terhubung dengan orang-orang yang memiliki minat sama. Jadi, akan makin mudah untuk menawarkan produk yang kamu jual.

Caranya mudah dengan mencari mereka di menu Communities:

optimalkan google plus

Sudah kenal dengan Google + Events?

Ketika kamu mau launching produk baru, mengadakan suatu promo atau mengadakan gathering, manfaatkan Google + Events. Kelebihannya adalah followers mu akan langsung mendapatkan notifikasi events yang kamu adakan.

Gimana caranya mengubah follower menjadi followers?

Seharusnya cara ini ditempatkan di awal paragraf. Sudah sampai cara melakukan post, tapi baru mau cari follower. Eitss, ini memang cara kreatif. Menyusun tidak sesuai urutan. hehehe.

  • Add Friends sebanyak-banyaknya. Dengan asumsi bahwa setelah kamu tambahkan, mereka akan follow balik ke akunmu. Gunakan iMacros untuk membantu mencari akun yang relevan.
  • Up Search merupakan akun-akun yang disarankan oleh Google plus.

Kembangkan Google + Business

optimalkan google plusAda beberapa kata kunci yang terkadang ketika kita ketik, muncul informasi seperti gambar di atas. Untuk bisa menampilkan poin itu, kamu harus mengembangkan Google + Business.

Caranya masuklah ke menu pages, kemudian kita akan di arahkan ke tampilan seperti berikut:

optimalkan google plus

Pilihlah Storefront atau Service Area.

Tips lebih lengkap untuk mengoptimalkan Google + Business telah dijabarkan oleh narasumber webinar dari Purba Kuncoro:

optimalkan google plus

 

 

 

Advertisements