Pilah Pilih 16 Jenis Lead Magnet untuk Websitemu!


Pemahaman mengenai lead magnet sudah. Sekarang kita beralih ke beberapa jenis lead magnet yang bisa kamu berikan secara gratis kepada mereka yang berlangganan. Meskipun bersifat gratis, isinya haruslah tetap bermanfaat!

#1 Ebook

Karena mudah dibuat, orang-orang mungkin akan menganggap bahwa ebook yang kamu bagikan ‘biasa saja’. Untuk itu terapkan 2 tips ini supaya calon subscriber menganggapnya bernilai:

  • Topiknya benar-benar bermanfaat
  • Dikemas secara menarik

Ini contoh lead magnet berupa ebook dari Sribu.com:

email marketing#2 Artikel disulap jadi PDF

Yang ini lebih sederhana daripada ebook. Misalnya kamu memiliki artikel dengan panjang lebih dari 3000 kata dan berseri, sedangkan pengunjung tidak memiliki banyak waktu untuk membacanya secara online. Mereka ingin menyimpan dan membacanya sewaktu-waktu secara offline. Convert saja artikel ke dalam bentuk PDF. Mudah, kan?

#3 Kupon Diskon

Yang ini lebih cocok diterapkan untuk kamu yang menjual produk. Pengunjung cukup menuliskan nama email dan sabet kuponnya!

Mau contohnya?

email marketing

#4 Free Trial

Sama dengan kupon diskon, free trial digunakan untuk meningkatkan penjualan. Sebelum membelinya, kita diberikan kesempatan gratis untuk mencobanya.

3 jenis free trial:

  1. Masa percobaan gratis selama waktu tertentu
  2. Versi demo dengan fitur terbatas
  3. Produk freemium yang punya versi gratis dan versi berbayar

Berikut contoh freet trial dari Google Cloud Platform:

email marketing

#5 Daftar ‘sesuatu’ yang kamu gunakan

Si Popeye adalah seorang pemancing yang handal. Lhoh bukannya Popeye itu pelaut yah? Di sini Popeye adalah seorang yang jago memancing. Titik!

Dia memiliki blog dengan konten panduan dan tips memancing di sungai, laut hingga samudra. hehehe.

Kemudian, ia membuat laed magnet berupa alat-alat pancing yang dipakai, daftar umpan yang cocok untuk setiap jenis ikan yang ingin dipancing, waktu yang tepat untuk memancing dan lain-lain.

Itulah yang dimaksud dengan ‘sesuatu’. Hal ini cukup efektif karena banyak orang yang membutuhkan informasi semacam di atas – bagi yang hobi memancing tentunya.

#6 Seri panduan via email

Pilih 1 topik yang bermanfaat dan tepat untuk target market kamu. Rancanglah kontennya dengan memisahkannya menjadi beberapa bab (bab 1 sampai 7 – misalnya)

Manfaatkan email service provider seperti MailChimp untuk mengirimkan kontennya secara otomatis kepada mereka yang mendaftar selama beberapa hari ke depan.

#7 Seri panduan dalam bentuk video

Tahapannya sama dengan seri panduan via email, hanya saja formatnya kali ini dalam bentuk video. Menurut sang narasumber, video punya nilai yang lebih tinggi sehingga akan lebih banyak pendaftar.

#8 Konten eksklusif untuk anggota

Kita bisa menyediakan 2 fitur keanggotaan. Yang pertama, berlangganan email biasa. Sedangkan yang kedua adalah fitur keanggotaan gratis.

Khusus untuk mereka yang menjadi member akan mendapatkan akses ke halaman-halaman tertentu yang tersedia banyak konten bagus nan gratis.

#9 Swipe File

Sebuah koleksi dimana didalamnya tersedia berbagai template yang dimanfaatkan oleh orang lain dan terbukti hasilnya!

Begini fakta di lapangannya: Misalnya kamu memiliki blog dengan konten panduan presentasi atau menjual kursus presentasi, berikan swipe file berisi contoh-contoh presentasi yang menarik sebagai lead magnet.

Berikut contohny:

#10 Checklist atau cheatsheet

Kalau kamu punya website yang menjual tiket pesawat, registrasi hotel, pokoknya semua yang berhubungan travelling.

Kamu bisa memasang lead magnet dengan menerapkan checklist berupa barang-barang yang wajib dibawa saat liburan ke gunung, pantai, luar negeri dan lain-lain.

Pengungjung akan dimudahkan untuk menyetak checklist ini yang isinya berbagai langkah-langkah atau barang bawaan yang diperlukan untuk liburan.

#11 Spreadsheet

File yang berasal dari Microsoft Excel atau Google Sheets ini bisa kamu manfaatkan sebagai alat bantu untuk menghitung dan mengolah data.

Contohnya, buatlah suatu file Excel yang bisa menghitung berapa jumlah penghasilan per bulan minimum yang dibutuhkan oleh sebuah keluarga kebutuhan-kebutuhan tertentu.

#12 Template

Iming-imingi para calon subscriber dengan menyediakan beberapa template menarik. Bisa templtate presentasi di Power Point, template WordPress atau template wallpaper PC dengan tema tertentu.

Ringkasnya, pilihlah item yang bisa digunakan kembali oleh pengunjung.

#13 Kontes berhadiah

Minta pengunjung  untuk mendaftarkan emailnya jika ingin berpartisipasi dalam kontes berhadiah ini. Berikan aturan dimana pemenang akan dipilih secara acak, tapi peserta yang berhasil mengajak paling banyak orang untuk bergabung kemungkinan menangnya lebih tinggi.

Kamu hanya butuh WordPress dan plugin bernama KingSumo. Plugin ini yang akan secara otomatis mengurus sistemnya.

#14 Webinar atau rekaman webinar

Webinar adalah web seminar atau seminar online. Kamu bisa mengadakan seminar secara live terhadap suatu topik. Orang-orang yang ingin ikut akan mendaftarkan emailnya.

Setelah weminarnya selesai, gunakan rekamannya sebagai lead magnet seperti berikut:

email marketing

#15 Komunitas Eksklusif

Menjadi member dari sebuah komunitas eksklusif bisa menjadi kebanggan tersendiri bagi seseorang. Misalnya kita ingin menjadi Internet Marketer yang sukses, kemudian kita tergabung di dalam komunitas di mana didalamnya terdapat orang-orang dengan tujuan yang sama dan ahlinya.

Membuat komunitas tidak susah, Facebook Group saja biasanya sudah cukup. Tapi ingat! Grup seperti harus selalu aktif supaya mereka tidak pada kabur.

#16 Software, aplikasi, atau tool gratis

Salah satu yang paling mudah dibuat adalah aplikasi kuis. Saya paling sering ikut kuis kepribadian dimana kita akan menjawab beberapa pertanyaan seputar kepribadian.

Misalnya kuis kepribadian. Pengunjung akan menjawab berbagai pertanyaan untuk mengetahui kepribadian mereka. Kemudian jawabannya dikirimkan lewat email.

 

 

Advertisements