Lead Magnet Tepat Pengunjung Berminat!


Lead magnet akan sia-sia saja! Kalau tidak tepat sasaran. Misalnya, si A dari awal tidak ingin membeli obat diet yang kamu tawarkan. Dia berlangganan hanya untuk mendapatkan informasi atau edukasi yang kamu berikan. Nah, artinya kita hanya buang-buang waktu saja.

Secara umum, sebelum membeli sebuah barang orang akan cenderung melewati istilah yang disebut dengan ‘Buyer’s journey’.

email marketingMisalnya Raisa ingin membeli sebuah microphone yang akan digunakannya bernyanyi di USA…kira-kira seperti ini tahapannya sebelum membeli:

  1. Raisa sadar dia punya masalah, suaranya berdengung
  2. Raisa mencari tahu apa solusi untuk hasil suaranya yang berdengung
  3. Raisa tahu bahwa solusi terbaik adalah membeli mic yang tepat
  4. Ternyata ada banyak jenis dan merek mic, Raisa mencari tahu jenis mana yang tepat untuk suaranya dengan merk terbaik
  5. Akhirnya Raisa memutuskan untuk membeli mic merek ‘jempolan’ dengan frekuensi tinggi

Idealnya, kita bisa memanfaatkan poin 1 sampai 4 untuk merancang lead magnet. Berikut saya berikan tahapan menentukan topik tepat yang membuat pengunjung berminat!

Belum ada website, konten dan pengunjung?

#1 Cari website lain dengan topik yang sama denganmu

Misalnya saya ingin memiliki bisnis yang menjual jasa tes minat dan bakat. Temukan website mengenai tes minat dan bakat, situs jualan jasa minat dan bakat dll.

Lakukan pencarian di Google:

 

Kamu bisa melakukan pencarian menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

#2 Cari penawaran di website tersebut

Bukalah website untuk hasil pencarian nomor 1. Kemudian cari penawaran terntentu untuk pengunjungnya. Penawaran ini tidak selalu dalam bentuk lead magnet.

Di website yang saya buka, mereka memberikan penawaran berupa diskon sesuai umur.

email marketingDi sana mereka memberikan penawaran berupa ‘informasi kurikulum’. Nah, kita bisa menjadikan ini sebagai ide lead magnet.

Misalnya kita ubah menjadi kurikulum yang sesuai untuk anak usia tertentu. Tanpa harus ikut tes bakat terlebih dahulu.

#3 Temukan artikel paling hits di sana

Untuk bisa menemukan artikel paling populer di website inspirasimu, bukalah BuzzSumo. Masukkan alamat website yang ingin kamu analisa di kolom yang tersedia. Setelah ini akan muncul daftar artikel terpopuler dari websitenya.

Ini 2 artikel terpopuler dari website inspirari tadi:

email marketing

Sekarang kita bisa menggali ide lebih dalam lagi untuk lead magnet. Ini contoh yang bisa saya berikan berdasarkan 2 artikel populer tersebut:

  • 13 cara untuk mengetahui jurusan yang tepat untukmu
  • Jangan sia-siakan hidupmu untuk jurusan yang salah

Itulah cara memilih topik yang terbukti efektif untuk lead magnet.

Sekarang, saya sediakan juga cara untuk kamu yang sudah punya website, konten dan pengunjung.

Kunjungi  Google Analytics milikmu. Selanjutnya pilih Behavior > Site Content > All Pages.

Ini adalah 10 artikel paling hits di website kamu.

Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut untuk melakukan analisa:

  • Apakah isinya berkaitan dengan barang yang kamu jual?
  • Lihat buyer’s journey di atas. Termasuk yang mana halaman tersebut?
  • Apa yang ingin pengunjung ketahui dari halaman tersebut?

Selanjutnya, pilih satu jenis lead magnet yang paling sesuai untuk halaman tersebut.

Setelah itu, pilih salah satu jenis lead magnet yang paling pas untuk halaman tersebut. Itulah cara mencari topik lead magnet untuk anda yang sudah punya pengunjung.

 

Advertisements