Tips Meningkatkan Efektifitas Lead Magnet


email marketingKita lengkapi ilmu merancang lead magnet dengan 10 tips dari sang narasumber Panduan IM.

#1 Lead magnet spesifik dengan konten

Pengunjung rela menjadi subscriber mu tidak hanya ingin mendapatkan informasi dan edukasi, tapi juga merasa apa yang kamu berikan adalah sesuatu bersifat khusus di mana tempat lain tidak menyediakannya.

Jadi, sangat penting bagi kamu untuk membagikan sesuatu yang tepat dan spesifik.

#2 Lebih dari 1 lead magnet itu baik

Memberikan lead magnet yang bervariasi akan menambah efektivitas. Hal ini sangat mungkin jika kamu memiliki banyak konten dengan topik yang berbeda.

Minimal kita sediakan 2 jenis lead magnet yang bersifat umum dan bernilai semacam ebook. Dan, tambahkan juga lead magnet yang spesifik terhadap konten.

#3 Segmentasi email list

Masih ingat dengan proses seseorang ketika akan membeli sebuah barang dimana kita menyebutnya dengan buyer’s journey? Untuk menghasilkan upaya marketing yang membuahkan hasil, akan lebih baik kalau kita memberikan lead magnet yang berbeda untuk setiap level buyer’s journey.

Karena orang yang baru mengenal produk kamu akan sangat membenci kalau langsung ditawari untuk membeli!

#4 Manfaat apa yang kamu tawarkan?

Jelaskan secara mendetil apa yang akan pengunjung dapatkan jika memiliki lead magnet yang kamu tawarkan! Tanpa penjelasan manfaat yang akan mereka dapatkan, lead magnetmu hanya akan berakhir dengan close.

#5 Lagi-lagi copywriting

Pengunjung akan dengan rela menyumbang kontaknya untuk ditukar dengan edukasi yang bakal kamu kasih. Tapi, kira-kira apa yang mendorong mereka untuk menjadi subscriber.

Selain karena manfaat yang kamu tawarkan, tentu saja karena keahlian copywritingmu yang memikat

#6 Lakukan pengujian

Yang harus kamu uji pada tahap ini adalah lead magnet dan optin formnya. Baik itu tulisan, isi, maupun desainnya.

Diharapkan dari pengujian ini muncul beberapa poin yang bisa kamu perbaiki performanya.

#7 Social media sebagai perantara

Promosikan lead magnet di websitemu di social media. Karena mayorias pengguna medsos sangat menyukai hal-hal yang bersifat gratis.

Raih kesempatan ini untuk menarik lebih banyak subscriber.

#8 Bagaimana dengan lead magnet yang berbayar?

Sebelum mematok harga yang mahal, cobalah untuk menjualnya dengan harga berkisar Rp 50.000. Misalnya untuk sebuah ebook.

Hal ini akan sangat menguntungkanmu. Tidak hanya dari segi finansial, tapi subscirbermu di sini adalah orang-orang yang bermutu. Karena mereka rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan apa yang menjadi minatnya.

#9 Jujur sama dengan mujur

Berikan lead magnet yang benar-benar bisa diaplikasikan! Jangan hanya memberikan janji palsu. Di mana orang-orang akan berbondong-bondong mendaftar, tapi setelah ketemu dengan hasilnya ternyata kosong melompong.

#10 Setelah mendaftar, lalu apa?

Jangan lupa untuk selalu membangun komunikasi dengan mereka. Lakukan 4 poin ini minimal 1 bulan sekali:

  1. Ucapan selamat datang
  2. Ajakan untuk berdiskusi
  3. Konten yang bermanfaat
  4. Promosi

Setelah lead magnet kamu siap, langsung persiapkan konten dan email yang akan kamu kirimkan untuk para subscriber.

Advertisements