Belajar Copywriting: Bagaimana Sebuah Kata Sederhana Mendongkrak Omset?


email marketingPertama kali mendengar istilah copywriter, bayangan saya adalah seorang penulis dimana tugas utamanya adalah menyalin tulisan dari orang lain kemudian direnovasi sedikit hingga menjadi tulisan utuh seolah-olah itu adalah tulisan kita.

Setelah mengenal PT. Bimasakti Indra Gemilang barulah saya sadar bahwa copy dalam bahasa Inggris tidak selalu berarti salin.

  • Copy: teks yang digunakan dalam penjualan atau pemasaran, biasanya kita temui di landing page, iklan, website, brosur, dan lain-lain.
  • Copywriting: proses/teknik menulis copy. (penulisnya disebut copywriter)
  • Konversi: ketika seseorang yang menjadi targetmu mengambil tindakan yang kamu inginkan. Misalnya membeli produk, mendaftar anggota, membuat akun, mendownload, dan lain-lain.

Kalau di dunia penjualan, konversi sering disebut closing.

Jadi, teknik copywriting adalah teknik membuat copy yang mampu meningkatkan konversi secara drastis.

Apakah harus copywriter yang menulis?

Dengan produk yang sama, tapi ditulis oleh copywriter yang berbeda maka pembaca pun bisa jadi mengambil tindakan yang berbeda pula. Jadi, istilah kasar untuk copywriter adalah salesman kata-kata. Mereka menggiring calon pelanggan untuk menjadi pelanggan tidak dengan cara berkeliling. Melainkan dengan cara yang lebih elegan. Yaitu, menyihir pembaca melalui kata-kata. #asek

Media pemasaran online semakin semarak dan mulai menggeser pemasaran yang dilakukan secara offline. Iya, di sinilah peran copywriter sangat dibutuhkan!

Coba perhatikan 8 poin di bawah ini:

  1. Landing page
  2. AdWords
  3. Facebook Ads
  4. YouTube Ads
  5. Iklan TV dan radio
  6. Konten website
  7. Konten social media
  8. Konten email marketing
  9. ….dan masih banyak lagi

Semua poin di atas akan menghasilkan sesuatu yang berdampak positif (berupa kenaikan omset penjualan) hanya jika kita bisa menerapkan teknik copywriting.

Masih ragu untuk mempelajari copywriting?

Untuk siapa kita belajar copywriting?

Pertama, terapkan tekniknya untuk bisnis mu sendiri.

Artinya kamu memanfaatkan teknik copywriting sehingga bisa meningkatkan penjualan, loyalitas kustomer, dan referral.

Kedua, berubah menjadi copywriter profesional.

Bekerja di agensi periklanan, perusahaan, atau menjadi freelancer. Tidak ada jenjang pendidikan resmi untuk copywriter, jadi kesempatan mu masih terbuka lebar.

Tapi, kenyataannya honor yang didapatkan bisa berkali lipat lebih tinggi dari penulis biasa. Tidak percaya? Baca profesi dengan gaji tertinggi di dunia.

 

Advertisements