Rahasia Mengirimkan Lead Magnet Secara Otomatis


email marketingUntuk bisa mengirimkan lead magnet secara otomatis kita membutuhkan bantuan dari sebuah sistem. Ada 4 jenis sistem yang sudah dijelaskan secara rinci mengenai kelebihan serta kekurangannya di modul mengirimkan lead magnet oleh narasumber.

4 alternatif sistem tersebut ada yang menyediakan free trial hingga yang berbayar. Kamu bisa memilih satu di antara beberapa pilihan yang sesuai dengan minat dan keuanganmu tentunya.

Pada halaman ini saya hanya akan memberikan tahapan cara memanfaatkan 1 sistem saja yang menurut saya menarik untuk dicoba. Yaitu ConverKit.

ConverKit

ConverKit merupakan email service dengan fitur lengkap dimana kamu bisa membuat landing page sendiri.

Kelebihan:

  • Bisa membuat landing page
  • Tidak butuh email service tambahan seperti MailChimp atau Aweber
  • Lead magnet dikirimkan secara otomatis lewat email
  • Punya fitur otomatisasi yang lebih canggih daripada email service lain
  • Relatif murah dibandingkan fitur-fitur yang diberikan

Kekurangan:

  • Belum banyak pilihan desain landing page dan optin form (tetapi bisa dikombinasikan dengan ThriveLeads)
  • Belum bisa digunakan untuk mendapatkan informasi selain nama dan email
  • Karena tergolong baru, integrasinya belum terlalu lengkap

Klik pada gambar ikon ConverKit untuk memulai!

email marketing#1 Buat form baru di ConverKit

Keuntungannya di sini adalah kita bisa membuat banyak form. Misalnya kamu bisa membuat satu form untuk setiap lead magnet. Jadi kalau anda buat 5 lead magnet, kita buat 5 form. Tujuannya adalah ketika pengunjung mendaftar di form A maka ia akan dikirmkan lead magnet A.

Masuklah ke menu Form. Klik tombol “+ Create Form”.

Kamu akan diberikan 2 pilihan untuk membuat landing page atau form.

Pada tahap ini pilihlah form terlebih dahulu. Kemudian pilih template desainnya.

Ubahlah warna dan tulisan-tulisan standar yang ada di formnya dan sesuaikan dengan seleramu.

Pilih Save.

Pilih View untuk melihat hasilnya.

Sudah puas dengan tampilannya? Selanjutnya cek Setting.

Ubah nama formnya, kemudian pilih kemana pengunjung diarahkan setelah mendaftar.

Masuklah ke menu Incentive Email dari sebelah kiri. email marketing

Pada tahap inilah kamu bisa mengubah apa isi email dikirimkan kepada pendaftar dan mengupload lead magnetmu.

Selanjutnya pilih Save.

#2 Memasang form ke websitemu

Ini adalah tahapan khusus untuk kamu yang menggunakan form.

Kembalilah ke menu Setting > Style. Kemudian di bagian “Show this form as”, ada 3 pilihan:

  1. Inline: formnya akan muncul langsung di halamanmu
  2. Modal: halaman websitemu digelapkan dan form mu muncul sebagai popup
  3. Slide-in: formnya akan muncul dari sebelah kanan bawah website

Pilih satu sesuai dengan kebutuhanmu. Dan, masuklah ke menu Embed.

Di sini kamu akan melihat ada satu baris JavaScript, copy script ini.

email marketing

Tahap akhir adalah masuk ke websitemu. Buka halaman dimana kamu ingin menampilkan form tersebut. Misalnya di gambar ini narasumber ingin menampilkan di dalam artikel di WordPress:

email marketing

Klik Text sewaktu mengedit, kemudian paste script tadi di posisi yang kamu inginkan.

(Kalau kamu menggunakan Modal atau Slide-in, posisinya tidak berpengaruh)

Selesai!

Sekarang setiap kali pengunjung memasukkan emailnya, mereka akan secara otomatis mendapatkan lead magnet kreasimu dan mereka akan terdaftar sebagai list kamu.

Advertisements