Tingkatkan Efektivitas Penjualan dengan Rumus AIDA


tulisan menggugahSaya sebenarnya ragu ketika akan menulis rumus ini. Karena ini merupakan rumus rahasia yang bisa meningkatkan efektivitas penjualan. Kalau saya share untuk kalian, bisa jadi penjualan kalian naik. Lalu apa kabar dagangan saya? Kalau produknya beda sih gak apa-apa. Tapi, kalau sama?

Ungkapan di atas adalah ilustrasi belaka. Jika ada kesamaan tokoh maupun karakter, mohon dimaklumi. #ehh.

Oke, mari kita lanjutkan dengan mempelajari rumus AIDA ini, supaya kamu akan langsung bisa mempraktekkan copy yang mampu menyihir orang lain supaya ketagihan dengan penawaranmu.

Siapa sih AIDA?

Pertanyaan yang tepat tidak memakai kata tanya siapa, melainkan apa! Karena AIDA bukan nama orang, melainkan singkatan.

  1. Attention
  2. Interest
  3. Desire
  4. Action

Rumus ini tidak cocok digunakan sebagai senjata penjualan, tapi juga bisa diterapkan untuk semua jenis tulisan supaya banyak yang baca.

#1 Attention

Tahap awal penulisan, tarik pertahian mereka dengan

  • Judul/headline
  • Gambar
  • Kalimat-kalimat pembuka

Untuk bisa menangkap perhatian mereka ke 3 elemen tersebut, ini tipsnya:

  1. Berikan apa yang buyer personamu pedulikan terkait bisnismu
  2. Sajikan solusi dari permasalahan utama dari buyer personamu
  3. Buat mereka merasa “ah itu gua banget

Contohnya kalau saya ingin menjual suplemen peninggi badan. Buyer persona-nya adalah remaja yang ingin mendapatkan tubuh proprosional.

Ini kalimat yang kira-kira bisa menangkap perhatian calon pembeli:

  1. “Ingin menambah tinggi badan hingga 10 cm dalam sebulan tanpa harus olahraga dengan keras?
  2. “Buktikan bahwa kamu berbeda dengan yang dulu”
  3. “Tidak perlu menarik-narik tubuh, sekarang kamu bisa santai di rumah dengan menunggu tinggi badanmu naik”

Beberapa headline iklan menggunakan istilah seperti “aman, tanpa efek samping”, atau “murah”. Pelanggan memang mencari 3 hal itu. Tapi, ketika pelanggan benar-benar mencari suplemen penginggi badan, yang benar-benar dicari adalah hal yang mampu memecahkan masalahnya.

#2 Interest

Sudah mendapat perhatian? Sekarang buat mereka tertarik padamu! Sadarkan mereka bahwa ada ‘sesuatu’ yang bisa memecahkan masalah terbesar mereka.

Untuk memancing ketertarikan ini, cara terbaiknya adalah dengan menyediakan:

  1. Informasi/fakta
  2. Statistik
  3. Studi kasus
  4. Kondisi idealnya
  5. Alasan

#3 Desire

Yang ini hampir mirip dengan interest, tapi kita akan lebih banyak bermain dengan emosi dan logika.

Caranya:

>> Sebutkan benefits atau manfaat.

Jangan salah mangartikan antara manfaat dan fitur. Karena ada perbedaan besar di sana. Fitur adalah komponen yang kamu berikan melalui produkmu. Sedangkan manfaat adalah keuntungan yang mereka rasakan setelah memakai produkmu.

Ingat! Yang pelanggan butuhkan fitur yang bisa bermanfaat bagi mereka. Hanya itu, titik.

Ini adalah fitur:

  1. Jahe merah 20 %
  2. Serai 15%
  3. Kumis kucing 20%
  4. Ceplukan kering 20%
  5. Akar alang – alang 15%
  6. Sambiloto 10%

Dan ini manfaat:

  • …diperkaya dengan ekstrak teh hijau serta vitamin B6 yang akan mempercepat metabolisme dan pembakaran lemak meskipun anda sedang duduk di depan komputer
  • …ditambah L-Carnitine untuk melindungi tulang, jantung, ginjal, otak, dan sistem kekebalan tubuh selama proses penurunan berat badan. L-Carnitine juga akan melindungi ibu yang sedang menyusui agar tidak kekurangan nutrisi.

Dalam penulisan copy, kita tidak dilarang menyisipkan fitur. Tapi, alangkah baiknya kalau kita kombinasikan antara fitur dan manfaat.

>> Pancing emosi negatif lalu berikan solusi

Pembaca yang sudah mengikuti tulisanmu sampai dengan tahap interest merupakan orang-orang dengan permasalahan spesifik.

Tarik mereka lebih dalam lagi dengan menunjukkan bahwa jika tidak memakai produk ini semua kekhawatiranmu akan benar-benar terjadi. (xixixi..ketawa setan)

Selanjutnya, tawarkan solusi yang sesuai dengan permasalah mereka hadapi.

 #4 Action

Tahapan selanjutnya adalah meminta mereka untuk mengambil tindakan. Entah itu membeli produk, mendaftar, membuat akun, mendownload, mengirim email ataupun menelepon.

Ini disebut dengan call to action (CTA). Lengkapi dengan tombol, nomor telepon, atau alamat email. Mau yang lebih lengkap lagi? Lanjutkan bacaanmu!

Setelah ini . . .

Kombinasikan keempat bagian dalam formula AIDA tadi secara berurutan mulai dari Attention, Interest, Desire, Action.

Advertisements