Intip Cara Membuat Packaging yang Menarik – Packaging as a Silent Salesman


cara membuat packaging yang menarikApakah Anda pernah tertarik untuk membeli sebuah produk hanya karena kemasannya? Kalau ini yang terjadi, berarti Anda jatuh cinta pada pandangan pertama. Kepada produk tadi tentunya, bukan kepada saya. Inilah halaman yang akan mengajari Anda cara membuat packaging yang menarik.

Karena memang tampilan dari luar ternyata juga mempengaruhi minat pembeli untuk memasukkannya ke daftar belanjaan. Bayangkan jika sebuah snack dengan merek ‘A’ memiliki sebuah kemasan yang dekil dan sulit untuk dibuka. Sama sekali tidak memberikan kenyamanan untuk pelanggan. Apakah Anda tertarik untuk membelinya?

Jangankan untuk beli, meliriknya saja pun males. Lha wong dekil! hehehe.

Untuk bisa menghindari komentar seperti di atas, Anda harus paham fungsi dari sebuah packaging. Yang kemudian bisa Anda jadikan acuan untuk bisa membuatnya secara lebih baik.

Fungsi dari packaging:

  • melindungi produk – keamanan produk dari kuman, sentuhan tangan manusia secara langsung
  • melindungi konsumen – kemudahan cara memegang, membuka
  • kemudahan transportasi dan penyimpanan – ketika dibawa, dipindah
  • informasi produk – mampu menginformasikan kepada konsumen mengenai isi/prosedur pemakaian
  • penyesuain lingkungan – bisa beradaptasi di beberapa jenis situasi dan kondisi
  • kenyamanan – kenyamanan bagi pengguna dan penjual
  • pertimbangan ekonomis – harus bisa menambah cost dari packaging
  • nilai promosi – membuat orang tertarik

Jadi, berdasarkan fungsi-fungsi dari sebuah kemasan, kita bisa menarik kesimpulan bahwa packaging itu harus:

  • memliki penampilan menarik
  • profesional
  • berkeyakinan diri yang tinggi
  • memahami produk
  • ber-EMPHATY
  • memberikan solusi
  • care terhadap konsumen
  • soft selling
  • higienis

Sudah memiliki gambaran untuk kemasan dari produk yang ingin Anda jual? Kalau belum tidak apa-apa, karena proses belajar kita belum selesai. Dalam merancang sebuah packaging, Anda harus menentukan poin-poin dari 2 komponen berikut.

#1 Komponen Estetika:

  • ukuran & bentuk, material, warna, huruf, grafis

#2 Komponen Fungsional:

  • desain struktur & identitas brand personality

Anda bisa merancang kemasan sendiri sekarang! Tapi, jangan gegabah dengan hanya mengandalkan kemasan sebagai satu-satunya salesman Anda. Karena Anda membutuhkan salesman yang kedua, yaitu orang yang akan mengatur distribusi produk. Untuk itu, saya juga bagikan tips bagaimana seorang salesman kedua harus bertindak.

  • COVERAGE – area yang menjadi tanggung jawab salesman
  • KETERSEDIAAN PRODUK – memastikan tersedianya produk yang layak jual di pasaran
  • STOK – mengecek jumlah produk layak jual baik yang berada di gudang penyimpanan maupun display
  • PIUTANG – tagihan kepada pelanggan atas penjualan produk
  • PENGIRIMAN – melakukan pengawasan terhadap pengiriman produk
  • KOORDINASI – baik yang dilakukan secara internal maupun eksternal
  • LAPORAN – mencatat data dan karakteristik pelanggan, data penjualan, aktivitas pesaing
  • HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN – membangun hubungan baik dengan pelanggan

 

Advertisements